Tips Tetap Nyaman Saat Menstruasi

Menstruasi
llustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Respon tubuh saat menstruasi berbeda-beda. Tidak jarang menstruasi dapat membuat Anda merasa tak nyaman, terutama saat sedang keluar banyak-banyaknya. Tubuh terasa lemas, sakit pinggang, kram, dan perubahan suasana hati. Menstruasi tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan fisik tetapi juga mental. Namun, sebenarnya hal tersebut dapat Anda atasi, kok, dengan melakukan 5 tips berikut ini.Jaga pola makan seimbang dan makan sehat.


Saat menstruasi, biasanya nafsu makan akan meningkat sehingga Anda jadi sering ngemil. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap makan dengan nutrisi seimbang agar kondisi tubuh tetap sehat dan nyaman. Menstruasi menyebabkan kadar zat besi dalam tubuh akan menurun, oleh karena ini sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging merah, bayam, dan kacang-kacangan. Selain itu, konsumsi juga makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti ikan. Kebiasaan makan sehat ini sebaiknya jangan hanya dilakukan saat menstruasi, tetapi pada hari-hari lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berolahraga ringan
Meski rasanya malas bergerak saat menstruasi, tetapi Anda disarankan tetap bergerak aktif saat menstruasi. Jika tubuh agak lemas dan kurang energi, usahakan melakukan peregangan tubuh ringan di pagi hari. Menurut penelitian, olahraga dapat membantu mengurangi gejala PMS, kram, sakit pinggang dan meningkatkan suasana hati saat menstruasi.

Tetap terhidrasi
Saat menstruasi, Anda cenderung kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat Anda merasa lelah dan menyebabkan nyeri otot karena oksigen yang cukup tidak mencapai sel darah merah Anda. Karena kadar estrogen dan progesteron juga rendah selama periode tersebut, sehingga tubuh akan berusaha menahan air dan akhirnya memengaruhi sistem pencernaan Anda, menyebabkan sembelit serta perut kembung. Oleh karena itu sangat penting untuk minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari untuk membantu mengurangi gejala-gejala ini.

Jaga kebersihan
Kebersihan adalah hal penting saat menstruasi. Kebersihan yang buruk selama menstruasi dapat menyebabkan iritasi pada vagina dan dapat memicu infeksi saluran kemih. Maka menjaga kebersihan diri saat menstruasi adalah hal yang wajib dilakukan, yakni dengan rajin mengganti pembalut setiap 4-6 jam, membersihkan vagina dengan benar, serta mandi teratur pada pagi dan sore hari.

Pilih pembalut yang tepat
Area kewanitaan rentan mengalami ruam dan iritasi saat menstruasi sehingga Anda harus memilih pembalut yang tepat agar merasa nyaman dan bebas bocor saat menstruasi. Maka, selalu gunakan pembalut dengan daya serap tinggi, nyaman di kulit, dan tidak membuat area kewanitaan Anda terasa lembap. Semua hal ini sangat penting agar Anda tetap nyaman beraktivitas meski sedang deras-derasnya.

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.