Berani Bicara tentang Seks pada Sahabat

Sahabat 1
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Tidak semua orang bisa terbuka saat bicara tentang seks. Selama ini, seks adalah sesuatu yang harus dirahasiakan, yang bisa membuat percakapan terasa sedikit canggung, bahkan dengan sahabat. Padahal selama diskusi mengenai seks dengan sahabat dilakukan dengan positif dan terbuka, justru ada 5 manfaat yang bisa Anda rasakan.

Memberikan kepastian

Tekanan untuk menjadi “baik di tempat tidur” bisa menimbulkan stres. Menurut Susan Coots, Profesor Seksualitas Manusia di Syracuse University, menjelaskan, “Begitu banyak informasi tentang seks yang berasal dari sumber yang tidak realistis, seperti pornografi, sehingga Anda mungkin tidak tahu seks yang dilakukan atau disukai saat ini normal atau tidak.” Dengan memiliki sahabat yang bisa diajak bicara tentang seks, “pengetahuan” Anda tentang seks menjadi lebih luas dan, yang lebih penting, sumbernya dari “orang biasa” bukan buku atau film.

Membantu kehidupan seks tetap aman

Sahabat dapat membantu Anda mengidentifikasi situasi yang mungkin tidak sepenuhnya aman atau konsensual saat berhubungan seks. Ini karena seks seharusnya selalu menjadi pengalaman yang nyaman dan menyenangkan, tetapi jika Anda tidak merasakannya, mendiskusikannya dengan sahabat dapat memberikan kepastian yang Anda butuhkan untuk menolak hubungan yang tidak sehat.

Lebih dekat dengan sahabat

Dr. Susan bilang, karena seks adalah topik yang sangat pribadi, berbagi informasi ini dengan orang lain telah terbukti membuat Anda lebih dekat dan terikat satu sama lain dengan sahabat. “Lagipula, cerita mengenai seks bisa sangat lucu dan berbagi tawa sangat bagus untuk persahabatan,” katanya. Jadi, meskipun Anda memilih seberapa banyak yang akan diceritakan pada sahabat, tetapi berbicara tentang seks lebih sehat daripada yang dikira.

Belajar hal-hal baru

Tidak mungkin untuk mencoba semua posisi seks dan meski setiap orang berbeda dalam hal preferensi seksualnya, tetapi rekomendasi dari orang yang Anda percaya dapat membuat seks lebih menyenangkan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hanya 62% wanita merasakan orgasme saat berhubungan seks. Jika Anda termasuk salah satunya, mintalah saran sahabat untuk mendapatkan seks yang lebih baik.

Merasa lebih baik dengan diri sendiri

Setiap hari, wanita dihadapkan pada sejumlah ekspektasi tentang seperti apa penampilan dan perilakunya, termasuk untuk urusan seks. Ekspektasi yang tidak realistis dapat menyebabkan stres yang luar biasa dan membuat Anda merasa tidak “normal”. Bicara dengan sahabat tentang kecemasan tersebut dapat membantu Anda menyadari bahwa banyak ketakutan terbesar yang dirasakan sebenarnya normal-normal saja karena ternyata sahabat juga merasakan hal yang sama, misalnya. Jadi, jika sahabat memang bisa dipercaya, tidak perlu ragu lagi untuk berbicara tentang seks dengan mereka, ya.

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.