Keterwakilan Perempuan di Pilkada Sulut 2024 yang Diusung PDI-P: Lima Figur Siap Tarung

Ilustrasi, (Foto: Pixabay.com).
Ilustrasi, (Foto: Pixabay.com).

TENTANGPUAN.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengumumkan daftar pasangan calon kepala daerah yang akan mereka usung dalam Pilkada Serentak 2024 di Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam daftar ini, terlihat keterwakilan perempuan dalam kontestasi politik cukup signifikan, dengan beberapa figur perempuan yang akan bertarung di berbagai posisi strategis.

Untuk posisi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, pasangan calon yang diusung PDIP adalah Steven Kandouw dan Letjen Denny Tuejeh. Meskipun pasangan ini tidak melibatkan keterwakilan perempuan, PDIP tetap menunjukkan komitmennya terhadap inklusivitas gender di tingkat daerah melalui calon-calon di kabupaten/kota.

Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey saat menyerahkan SK pencalonan pada calon kepala dan wakil kepala daerah di Sulut, (Foto: Ist).

Di antara 16 pasangan calon kepala daerah yang diusung oleh PDIP di Sulut, terdapat beberapa perempuan yang mengisi posisi calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah, yaitu:

  1. Evangelin Sasingen (Sitaro) – Berpasangan dengan Liem Hong Heng.
  2. Rini Tamuntuan (Sangihe) – Berpasangan dengan Mario Seliang.
  3. Anisya Bambungan (Talaud) – Sebagai calon Wakil Bupati, berpasangan dengan Welly Titah.
  4. Sri Tanti Angkara (Kotamobagu) – Sebagai calon Wakil Wali Kota, berpasangan dengan Nayodo Koerniawan.
  5. Vanda Sarundajang (Minahasa) – Sebagai calon Wakil Bupati, berpasangan dengan Robby Dondokambey.

Kehadiran nama-nama tersebut mencerminkan langkah PDIP dalam memberikan ruang bagi perempuan untuk berperan aktif dalam politik, khususnya dalam ajang Pilkada Serentak 2024.

Keterlibatan perempuan dalam politik tidak hanya memperkaya perspektif dalam pengambilan keputusan, tetapi juga menjadi simbol kemajuan demokrasi yang inklusif.

Selain itu, kehadiran figur-figur perempuan ini juga diharapkan mampu menarik perhatian pemilih perempuan, yang sering kali menjadi kunci dalam kemenangan di kontestasi politik. Dengan menempatkan perempuan pada posisi strategis, PDIP menunjukkan komitmennya dalam mendorong kesetaraan gender di ranah politik Sulut.

Meskipun demikian, dengan jumlah calon perempuan yang masih lebih sedikit dibandingkan calon laki-laki, hal ini juga menjadi tantangan bagi PDIP dan partai-partai lainnya untuk terus meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik di masa depan.

Semoga kehadiran perempuan dalam Pilkada Sulut 2024 ini menjadi awal yang baik untuk lebih banyak lagi keterwakilan perempuan di ranah politik Sulawesi Utara.

Diketahui, PDIP berencana untuk mendaftarkan calon kepala daerah yang mereka usung secara serentak di KPU pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published.