Sekali Saja, Biarkan Dirimu Merasa Baik

merdeka
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Dalam menjalani kehidupan Anda seringkali diperhadapkan dengan persoalan hidup. Persoalan bisa datang atau muncul dengan siapa saja, termasuk orang terdekat.

Tak jarang Anda merasa harus mengurungkan pendapat juga keinginan hanya karena malas berdebat, atau sekadar menahan diri agar tidak membuat kesalahan, egois dalam mengambil atau mengutarakan pendapat saja. Meski, sebenarnya tindakan seperti ini justru membuat Anda kerap memendam rasa tidak nyaman, kecewa, dan marah.

Perasaaan seperti selalu merasa telah mencoba mengerti tapi tidak pernah dipahami membuat kita merasa tidak berdaya. Merasa buruk dan kian mengabaikan apa yang dikehendaki oleh diri sendiri.

Yang perlu diingat adalah, butuh keberanian untuk mengubah itu. Untuk sekali saja merasa baik-baik saja. Mencoba mengikuti apa yang dikehendaki diri Anda, sebab ketidakberdayaan yang dibiarkan terus menerus akan menjadi penjara bagi diri sendiri. Akan ada dampak dari setiap tindakan kita, itu adalah benar. Tapi bahwa kita butuh kontrol, dan tidak bisa membenarkan tindak-tanduk semua orang juga adalah benar.

Kita bukanlah manusia super yang tidak pernah berbuat kesalahan. Ada saat di mana kita harus menghargai diri sendiri dan jangan membiarkannya merasa tidak baik-baik saja, hanya karena ketidakmampuan kita mengutarakan pendapat. Jadi, bebaskanlah dan belajarlah menghargai dirimu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.