Ketika Lemak di Perut Susah Hilang

Lemak di Perut
Ilustrasi (Foto: Pexels).

Tentangpuan.com – Lemak yang menonjol di perut selalu jadi masalah hampir setiap manusia. Pertanyaan seperti bagaimana cara menghilangkan lemak di perut selalu muncul, tidak hanya dari kalangan perempuan tetapi dari laki-laki.

Sejujurnya tidak ada cara kilat untuk menghilangkan lemak di perut, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat prosesnya. Ya, tidak ada keajaiban yang bisa membuat lemak di perut lenyap dalam waktu singkat, tetapi melakukan 3 hal di bawah ini dapat membantu Anda.

  1. Mengatur asupan nutrisi
    Tidak ada diet yang tepat untuk menghancurkan lemak perut. Sebaliknya, untuk melawan lemak perut, Anda harus mengetahui kualitas dan kuantitas nutrisi makanan Anda yang Anda konsumsi. Diet dengan tidak sarapan atau tidak makan malam memang akan mengurangi asupan kalori, tetapi akan menjadi bumerang bagi Anda. Ketika Anda melewatkan sarapan atau makan apa pun, Anda akan mulai mengalami rasa lapar yang berlebihan yang dapat menyebabkan keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat.

Untuk menjaga berat badan, mengurangi lemak visceral, dan menghindari perut kembung, Anda harus mengurangi konsumsi karbohidrat, serta memperbanyak protein dan serat. Meningkatkan asupan serat harian membuat Anda merasa lebih kenyang dan lebih sedikit mengalami lonjakan gula darah.

  1. Rutin berolahraga

Untuk mengurangi lemak di perut, Anda harus rutin berolahraga. Ada beberapa latihan yang sangat efektif untuk membakar lemak dari area perut dan bagian tubuh lainnya, yaitu berjalan di tanjakan, High-Intensity Interval Training (HIIT), dan side plank. Berjalan/berlari di tanjakan membakar lebih banyak kalori daripada di permukaan datar, sekaligus membangun otot. Anda juga bisa melakukannya di treadmill. Sementara itu, HIIT meningkatkan efek pembakaran kalori setelah selesai berolahraga.

Mengencangkan otot perut saat berusaha menghilangkan lemak perut juga sangat penting. Lakukan sit-up dan crunches secara rutin, dan agar lebih menantang, lakukan side plank untuk setiap sisi selama 60 detik.

  1. Mengubah gaya hidup
    Bukan cuma mengubah pola makan dan rajin olahraga, Anda juga wajib mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Pola hidup yang positif yaitu tidur dalam waktu yang cukup, selalu terhidrasi, dan memiliki jadwal makan yang teratur. Terlalu sedikit tidur atau terlalu banyak tidur dapat membuat tubuh stres dan hormon kacau, sehingga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sementara jika Anda dehidrasi, maka dapat memicu keinginan untuk ngemil. Jika Anda tiba-tiba ingin ngemil, minumlah segelas air dan tunggu beberapa menit sebelum menilai seberapa lapar Anda sebenarnya.

Perubahan gaya hidup dan komitmen untuk mengubah kebiasaan makan serta rutin berolahraga mungkin bukan hal yang mudah. Namun, dengan sedikit kesabaran dan ketekunan, lemak di perut Anda dijamin akan lenyap secara perlahan-lahan.

Sumber: Womantalk

Leave a Reply

Your email address will not be published.