Suasana Hati Kerap Berubah Selama Kahamilan, Ini Penjelasannya

perempuan hamil
Ilustrasi, (Foto: Pixabay.com).

TENTANGPUAN.COM – Mempunyai kesempatan mengandung dan melahirkan, banyak perempuan yang memimpikan momen-momen special tersebut. Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, ada banyak perubahan yang dialami oleh perempuan. Perubahan tersebut mulai dari perubahan fisik hingga perubahan suasana hati.

Mengenai perubahan suasana hati, ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Hal tersebut antara lain adalah perubahan hormon selama kehamilan. Saat hamil suasana hati perempuan umumnya akan lebih sensitif. Perempuan yang biasanya tegar, tenang dan penuh rasa percaya diri, saat hamil bisa saja ia akan berubah menjadi mudah menangis, mudah marah bahkan sedih tanpa alasan jelas.

Kapan Perubahan Suasana Hati Mulai Terjadi?

Melansir dari laman health.com, perubahan suasana hati pada ibu hamil biasanya akan terjadi pada minggu ke 6 hingga ke 10 kehamilan atau pada trimester pertama. Seiring dengan pertambahan usia kehamilan, suasana hatinya juga akan kian membaik. Namun saat memasuki usia kehamilan pada trimester ketiga atau menjelang kelahiran, suasana hati ini juga akan kembali memburuk.

Ibu Hamil Rentan Mengalami Kelelahan dan Stres

Tidak hanya suasana hati yang rentan berubah dan memburuk, momen kehamilan juga memungkinkan ibu hamil rentan mengalami kelelahan serta stres. Studi menemukan jika momen kehamilan bisa menjadi momen yang cukup berat bagi beberapa orang. Apalagi jika ditambah kondisi fisik dan keluarga yang kurang mendukung.

Mual dan Muntah Saat Kehamilan Membuat Suasana Hati Semakin Kacau

Tidak sedikit ibu hamil yang merasa mual dan muntah di awal kehamilannya. Mual dan muntah ini seringkali membuat ibu hamil merasa cemas dan khawatir berlebih pada kesehatan janin pun dirinya. Kekhawatiran inilah yang kemudian membuat suasana hati semakin kacau dan tidak nyaman.

Agar suasana hati tetap tenang selama kehamilan, pastikan untuk menjaga pola makan dengan lebih baik. Cobalah untuk memperbanyak waktu istirahat dan konsumsi air putih. Usahakan untuk melakukan berbagai hal menyenangkan dan berkumpul serta sharing bersama orang-orang yang membawa energi positif. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: Fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.