Amalan yang Baik Dilakukan Perempuan Haid di Bulan Sya’ban

muslimah
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Memasuki bulan Sya’ban, baik bagi umat manusia terutama perempuan melakukan amalan, seperti memperbanyak puasa sunah maupun salat tahajud, tentunya sangat baik, Bunda. Hanya saja amalan ini tidak bisa dikerjakan wanita yang sedang haid. Lalu, amalan seperti apa yang tetap bisa dikerjakan?

Pengasuh Lembaga Pengembangan Da’wah Al Bahjah Cirebon, Buya Yahya mengatakan, dalam keadaan halangan atau haid pada perempuan, bukan artinya semua ibadah terputus. Memang tidak boleh membaca Alquran ataupun melakukan salat, tapi menurutnya, ada ibadah lain yang tetap bisa dilakukan.

“Anda bisa berzikir, Anda bisa berishtigfar, Anda bisa mengadu kepada Allah SWT, tafakur di malam itu,” jelas Buya Yahya, dilansir YouTube Al Bahjah TV, Jumat (10/4/2020).

Buya Yahya juga menyarankan agar tidak terputus dalam melakukan tahajud. Tahajud di sini bukan salat malam, melainkan ibadah yang tetap bisa dilakukan saat waktu tahajud.

“Jadi tahajud jangan terputus gara-gara haid, bayangkan haidnya 10 hari libur tahajud, maka di saat akan tahajud lagi dia berat karena harus memulai lagi dari awal,” kata Buya Yahya.

“Maka imbauan kami, biarkan dalam keadaan haid Anda tetap bangun, menemani suami yang lagi tahajud, menemani adik yang lagi tahajud, menemani putra putri yang lagi tahajud, sambil membuat kopi teh dan lainnya, alangkah indahnya saat itu, kemudian setelah itu Anda memohon, membaca istighfar,” sambungnya.

Termasuk pada malam Nisfu Sya’ban, yang jatuh pada 8 April lalu, wanita yang sedang haid tetap bisa melakukan kebaikan-kebaikan dalam rumah. Bunda bisa memperbanyak membaca salawat kepada Rasullullah, beristighfar, dan memohon ampun pada Allah SWT.

“Jangan lupa jadikan malam itu malam tafakur, Anda tidak salat akan tetapi Anda bisa tafakur, merenungi kesalahan kita dengan ibunda, ayahanda, sodara sodari kemudian setelah itu kita doakan mereka,” terang Buya Yahya.

Buya Yahya lalu menjelaskan, kita juga bisa mendoakan orang-orang yang memiliki masalah dengan kita, mereka yang zalim dan berbuat kurang baik. Kita doakan agar mereka diberikan pengampunan dan diangkat derajatnya.

Sumber: Haibunda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.