Membuat Diri Lebih Bahagia dengan Cara Sederhana

Bahagia
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Dalam kehidupan ini tak jarang seseorang terjebak dalam rutinitas, yang membuat dirinya susah menikmati hidup. Hal ini tentu akan mempengaruhi tingkat kebahagiaan, terutama di masa pandemi.

Di tengah pandemi yang menguras energi jiwa dan raga ini, menjadi tetap bahagia dan sehat banyak diakui merupakan hal yang cukup sulit. Namun, mendapatkan hal tersebut bukan hal yang tak mungkin, lho. Bahkan Anda bisa menjadi lebih bahagia dan sehat dengan cara yang lebih mudah, tanpa perlu keluar banyak uang. Penasaran? Cek caranya di bawah ini!

  1. Temukan hal yang bisa disyukuri
    Rasa syukur adalah salah satu cara tercepat membantu otak mengalihkan fokus Anda untuk melihat segala hal yang lebih baik dalam hidup. Sebelum tidur, tuliskan tiga hal baik yang terjadi pada Anda, baik besar maupun kecil. Setelah Anda mengidentifikasi hal-hal itu, tutup mata Anda, dan nikmati pengalaman positif itu dalam pikiran Anda lagi.
  2. Tersenyum
    Tersenyum, bahkan ketika Anda sedang mengalami hari buruk, dapat mengelabui otak untuk melepaskan lebih banyak hormon dopamin dan serotonin. Senyum memiliki efek positif pada suasana hati Anda dan menciptakan lebih banyak koneksi dengan orang-orang di sekitar. Anda jadi lebih bahagia dan itu juga menular.
  3. Lakukan hal kecil yang bikin senang
    Anda bisa memilih untuk marah-marah, tetapi hal itu tentu tidak akan membuat Anda merasa bahagia, bahkan membuat orang lain sedih. Cobalah untuk jalan ke taman dekat rumah, mendengarkan lagu kesukaan, menonton film favorit, pokoknya lakukan hal yang positif. Tanpa disadari Anda akan perlahan-lahan akan jadi bahagia.
  4. Nonton video lucu
    Jika memaksa diri untuk tertawa itu sulit, maka manfaatkanlah video lucu. Tonton video lucu, acara komedi atau meme lucu di media sosial dan tertawalah. Dengan membiarkan diri Anda tertawa, Anda mengalihkan perhatian diri dan membiarkan pikiran beristirahat dari energi negatif.
  5. Olahraga
    Sudah terbukti kalau olahraga memiliki efek yang kuat untuk menyeimbangkan, menekan, dan meningkatkan hormon tertentu dalam tubuh. “Olahraga memicu otak (hipotalamus) untuk menginduksi kelenjar adrenal untuk mengeluarkan hormon Epinefrin/Norepinefrin (katekolamin) yang merespons stres, baik fisik maupun psikologis,” jelas Dr. Amy Lee adalah Kepala Nutrisi untuk Nucific, dikutip dari Byrdie. Jadi, rutinlah olahraga untuk agar Anda lebih sehat dan bahagia.

Yuk, coba deretan tips jadi lebih bahagia dan sehat di atas untuk membuat Anda mampu menjalani hari-hari dengan menyenangkan. Selamat mencoba!

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.