Cegah Penuaan dengan Mengatur Pola Makan

Cantik
Ilustrasi, (Foto: Pexels).

Tentangpuan.com – Umumnya orang mengatur pola makan hanya untuk menguruskan badan atau untuk sehat, tetapi mengatur pola makan sangat berguna pada pencegaan penuaan. Banyak hal yang bisa kita lakukan selagi masih muda, untuk menjaga agar apa yang kita miliki saat ini lebih terjaga di saat tua nanti. Salah satunya adalah badan dan kulit wajah kita, yang bisa dirawat dengan berbagai kebiasaan baik, termasuk kebiasaan memilih asupan makanan yang kita konsumsi. Agar wajah dan badan kita segar selalu sampai tua nanti, tinggalkan sederet makanan yang mempercepat penuaan berikut ini, ya!

  1. Makanan dengan gula tambahan
    Kue dan makanan manis lainnya memang enak, tetapi gula yang berlebihan akan memicu proses yang merusak kolagen, protein yang menjadikan kulit Anda kencang dan awet muda. Gula yang berlebihan juga tak baik bagi gigi Anda, yang pada akhirnya akan memberi poin minus pada senyum dan penampilan. Kalau gigi sudah ompong, meski masih muda jadi kelihatan tua, dong?
  2. Karbohidrat berindeks glikemik tinggi
    Sama seperti jika Anda sering menyantap makanan manis, karbohidrat yang indeks glikemiknya tinggi juga membuat tubuh bekerja lebih keras menghancurkan gula. Proses ini juga yang merusak kolagen. Bukan cuma makanan, minuman juga termasuk. Contohnya antara lain nasi putih, gula, roti putih, minuman bersoda, dan minuman manis dalam, terutama yang dalam kemasan.
  3. Makanan gurih
    Berbagai jenis keripik dan camilan dalam kemasan, makanan berpenyedap rasa, serta makanan yang terlalu gurih itu tinggi natrium. Jika berlebihan, efeknya bisa tak baik bagi kulit Anda. Selain menyebabkan hipertensi, konsumsi jangka panjang dalam jumlah banyak makanan dengan kadar garam tinggi juga akan mempercepat penuaan sel. Batasi konsumsi makanan tinggi natrium jika ingin tetap awet muda.
  4. Daging olahan
    Suka makan nugget, sosis, dan ham? Pengawet yang digunakan pada berbagai produk olahan daging seperti itu bisa menyebabkan peradangan pada kulit. Selain itu, kandungan garam yang tinggi juga berdampak pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Jerawat pun jadi susah sembuh dan membekas, deh.
  5. Makanan siap saji
    Mumpung masih muda, hindari makanan siap saji atau makanan instan, deh. Lemak trans pada makanan siap saji akan membuat kulit tampak lebih tua. Bukan hanya menjadi penyebab penyakit jantung, lemak trans pada makanan siap saji membuat seseorang lebih rentan rusak saat terkena sinar UV, penyebab utama penuaan kulit.

Agar awet muda sampai kita tua nanti, yuk, mulai hindari konsumsi makanan tersebut yang nggak baik buat kesehatan dan kecantikan kulit kita!

Woamantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.