Kotamobagu Perkuat Komitmen Perlindungan Anak pada Peringatan Hari Anak Nasional 2024

Ilustrasi, (Foto: Pixabay.com)
Ilustrasi, (Foto: Pixabay.com)

KOTAMOBAGU, TENTANGPUAN.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, menegaskan komitmen Pemkot Kotamobagu dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2024 tingkat Kota Kotamobagu.

Dalam pidatonya, Sofyan menekankan pentingnya perlindungan anak sebagai generasi penerus bangsa dan momen peringatan HAN sebagai pemicu semangat untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan perhatian terhadap anak-anak.

“Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang seharusnya dapat memperoleh dan menikmati hak-haknya tanpa terkecuali. Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Kotamobagu tahun 2024 ini menjadi momentum untuk mengubah keramahan serta kepedulian kita semua terhadap tumbuh kembang anak,” ujar Sofyan pada acara yang berlangsung pada pagi hari ini.

Sekda Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, saat peringatan HAN 2024, (Foto: ZONAUTARA.com/Sajidin Kandoli).

Tema peringatan HAN tahun 2024, ‘Suara Anak Membangun Bangsa’, menjadi landasan ajakan Sofyan kepada seluruh elemen masyarakat, dunia usaha, dan keluarga di Kotamobagu untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pengasuhan keluarga yang berkualitas. “Saya mengajak para orang tua, keluarga, dan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kualitas anak melalui pengasuhan yang berkualitas serta mendukung perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagaimana amanah dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak,” tambahnya.

Sofyan juga menyoroti pentingnya evaluasi bersama terhadap upaya yang telah dilakukan dalam kesejahteraan anak, terutama dalam mengatasi tantangan seperti kekerasan, eksploitasi, dan akses terhadap pendidikan serta kesehatan yang layak. “Anak-anak merupakan aset berharga bangsa dan pilar utama dalam pembangunan masa depan. Kita memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi, mendidik, serta memberdayakan anak-anak kita,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sofyan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dedikasi dan pengabdian dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kotamobagu. “Saya atas nama pribadi dan jajaran pemerintah Kota Kotamobagu menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD, Forkopimda, organisasi perempuan, Tim Penggerak PKK, Darma Wanita Persatuan, UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak, serta seluruh masyarakat Kotamobagu yang telah memberikan dedikasi dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak,” ujarnya.

Sofyan mengajak semua pihak untuk terus berkomitmen agar anak-anak Kotamobagu dapat menjadi generasi emas, mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2024. “Saya menyampaikan selamat Hari Anak Nasional tahun 2024, semoga anak-anak Kotamobagu dapat tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas, berakhlak mulia, dan cinta kepada tanah air,” tutupnya.

Peringatan HAN tahun ini menjadi momen refleksi dan penguatan komitmen bersama dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Kotamobagu, menjadikan mereka generasi yang berdaya dan berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.