Apa Itu Perempuan?

Who is a woman
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Menurut situs webnya, Hari Perempuan Internasional (diperingati Selasa lalu) adalah perayaan “prestasi sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan” global. Tema untuk renungan platitudinal tahun ini — BreaktheBias — seharusnya membayangkan sebuah Dunia “beragam, adil dan inklusif” yang bebas dari “bias, stereotipe, dan diskriminasi”. Saya punya saran untuk tema tahun depan: What Is A Woman?

“Apa itu perempuan?” Apakah pertanyaan yang Anneliese Dodds, Menteri Bayangan untuk Perempuan dan Kesetaraan Inggris, tidak dapat menjawabnya di BBC Woman’s Hour pada Hari Perempuan Internasional. Pembawa acara, Emma Barnett, memberi Dodds banyak kesempatan untuk menjawab tetapi setelah itu mengoceh tentang orang-orang yang telah melalui transisi gender “yang ingin didefinisikan sebagai seorang wanita,” yang terbaik yang bisa dikemukakan Dodds adalah, “Itu tergantung konteksnya pasti.”

Kebingungan Dodds tidak menghalangi dia untuk menulis di Twitter bahwa “Buruh akan mengangkat wanita, bukan menahan mereka.” Sebagai tanggapan, penulis Harry Potter JK Rowling menulis: “Pagi ini Anda memberi tahu publik Inggris bahwa Anda benar-benar tidak dapat mendefinisikan apa perempuan itu. Apa rencananya, angkat benda acak sampai Anda menemukan yang bergetar? ”

Dodds bukan satu-satunya progresif yang berjuang untuk menjawab pertanyaan ini. Misalnya, awal tahun ini, Matt Walsh dari Daily Wire muncul di episode Dr. Phil bersama dua aktivis transgender. Tanya Ethan, yang diidentifikasi sebagai transmaskulin non-biner (meskipun tampak seperti wanita yang maskulin secara hormonal). “Tidak, saya tidak bisa,” jawab Ethan. “Karena itu bukan hak saya untuk mengatakannya. Keperempuanan terlihat berbeda untuk semua orang. “Aktivis lain, Addison, yang diidentifikasi sebagai non-biner (meskipun tampak seperti pria yang secara kosmetik terfeminisasi), mencoba: “Keperempuanan adalah sesuatu yang merupakan istilah instan—” di mana Walsh menyela, “Itu menggambarkan apa?” “Orang-orang “Sebagai seorang perempuan,” kata Addison. “Apa itu? itu?” jawab Walsh. Dan berputar-putar mereka pergi.

Berlawanan dengan klaim para aktivis, siapa perempuan itu tidak tergantung pada rasa identitas subjektif. Sederhananya, perempuan adalah manusia dewasa perempuan. Perempuan termasuk dalam jenis kelamin perempuan, yang berarti ia memiliki kromosom perempuan, organ reproduksi, dan gamet. Seks dapat diamati saat lahir (dan bahkan lebih awal dengan teknologi ultrasound) dan dapat dideteksi lama setelah kematian dengan tes DNA. Seorang pria dapat mengidentifikasi diri sebagai seorang perempuan, mengenakan gaun, memberi dirinya nama dan kata ganti perempuan, mengambil estrogen, atau bahkan penisnya dicabut dan vagina palsu dibuat — tetapi jenis kelaminnya tetap tidak berubah.

Tentu saja, sosialisasi jenis kelamin adalah sesuatu yang berbeda. Selalu ada laki-laki feminin dan perempuan maskulin — orang-orang yang tidak cocok dengan peran seks tradisional. Tapi laki-laki feminin tidak kurang dari laki-laki daripada laki-laki maskulin. Dan Saran yang bertentangan memperkuat stereotip gender yang sama yang diklaim oleh situs web Hari Perempuan Internasional ditentang.

Di Inggris, JK Rowling telah menjadi salah satu dari sedikit tokoh masyarakat yang secara terbuka mengkritik parlemen Skotlandia karena memperkenalkan undang-undang yang memungkinkan pria mana pun yang menyatakan dirinya sebagai perempuan memiliki akses ke ruang dan layanan khusus perempuan. (Saya mencoba bertanya kepada menteri pertama Skotlandia apa itu wanita pada 2019, tetapi dia tidak akan — atau tidak bisa — menjawab.) Pembenarannya? “trans puan adalah wanita.”

Keadilan, serta keamanan, dipertaruhkan. Dalam olahraga, wanita dan anak perempuan digantikan oleh atlet pria yang keunggulan berdasarkan jenis kelaminnya tidak hilang begitu saja saat mereka mengumumkan identitas gender baru mereka. Namun Lia (sebelumnya Will) Thomas, perenang UPenn pria yang diizinkan untuk mendominasi kompetisi wanita, mengatakan kepada Sports Illustrated, “Saya seorang wanita, jadi saya termasuk dalam tim wanita.” Seorang reporter yang tidak terlalu percaya diri mungkin menanyakan pertanyaan lanjutan yang jelas, “Dan apa itu wanita?”

Mereka yang benar-benar tertarik untuk merayakan pencapaian perempuan harus dapat mendefinisikan, minimal, kelompok yang mereka rayakan. Siapa pun yang tidak dapat memberikan jawaban langsung atas pertanyaan “Apa itu perempuan?” Lebih buruk daripada tidak berguna untuk memperjuangkan hak-hak perempuan.

Sumber: Independen woman’s forum

Leave a Reply

Your email address will not be published.