Bukan Malas, Ini Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh

Tidur Siang
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Sebagian orang menyukai tidur siang. Meski demikian sebagian lagi tidak terlalu suka karena, tidur siang dianggap malas. Padahal, penelitian baru membuktikan kalau tidur siang mampu menurunkan segala penyakit jantung.

Rajin tidur siang bukan tanda orang tersebut malas, kok. Siapa tahu hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Heart, para peneliti menemukan fakta baru.
Penelitian yang dilakukan di Swiss itu menemukan bahwa orang dewasa Swiss yang rutin tidur siang satu atau dua hari per minggu memiliki risiko lebih rendah terkena masalah jantung, termasuk penyakit jantung dan stroke, dibandingkan mereka yang tidak tidur siang.

Karena kurang tidur adalah faktor risiko yang diketahui sebagai penyebab sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah kardiovaskular, maka tidur siang dianggap sebagai pengganti jam tidur malam yang hilang sehingga bisa menjadikan tubuh lebih sehat.

Menurut U.S. Centers for Disease Control and Prevention, kurang tidur adalah penyebab terjadinya obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung, dan tekanan mental di Amerika. Jadi tidur siang dapat membantu sekitar sepertiga orang yang tidak mendapatkan istirahat minimum tujuh jam yang disarankan per malam.

Jadi, kalau punya waktu senggang cobalah untuk tidur siang. Dilansir dari Sleep.org, tidur siang minimal 20 menit sehari sudah cukup, lho.

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.