Sahabat Iri dan Mulai Jadi Toksik

Persahabatan
Ilustrasi (Foto: Pexels).

Tentangpuan.com – Perubahan dapat terjadi pada setiap orang, termasuk diri Anda. Jadi jangan kaget ketika Anda mendapati sahabat sendiri malah menusuk Anda dari belakang atau jadi pribadi toxic sehingga harus dijauhi. Semua itu wajar, kok. Anda harus bersiap dengan segala perubahan yang terjadi.

Namun, Anda bisa melihat tanda-tandanya sejak awal. Berikut beberapa tanda kalau sahabat mulai iri pada kesuksesan Anda dan berubah jadi toxic.

  1. Merespon dingin kabar baik Anda
    Namanya sahabat pasti juga akan ikut senang jika ada kabar baik dari Anda. Hal itu bisa diungkapkan lewat komentar di media sosial, chat personal, hingga telepon, atau video call. Namun ketika sahabat justru terlihat dingin dan tidak peduli, padahal dia sedang dalam kondisi baik-baik saja, bisa jadi dia iri pada Anda.
  2. Mengomentari orang terdekat Anda
    Ketika sahabat mulai mengkritik teman Anda yang lainnya, teman kantor, teman SMA, atau teman sepeda, itu bisa jadi usahanya untuk mengisolasi dan mendominasi Anda sehingga menghabiskan waktu bersamanya saja. Nantinya dia bisa menciptakan keraguan tentang persepsi Anda sendiri.
  3. Sangat kompetitif dengan Anda
    Sahabat yang iri pada Anda bisa bersaing di belakang atau secara terbuka dengan Anda. Pada akhirnya, dia menginginkan apa yang Anda miliki. Jika hanya kompetitif untuk lomba banyak-banyak makan atau paling banyak sit up, tentu tidak masalah.
  4. Jadi copycat
    Awalnya mungkin Anda merasa tersanjung ketika dia meniru model baju Anda. Namun, ketika dia mulai berdandan seperti Anda, menata rambut mereka seperti Anda, dan meniru setiap tingkah laku Anda, itu tanda kalau dia iri dan ingin menjadi Anda. Hati-hati, ya, kedepannya dia bisa manupulatif terhadap orang di sekitar Anda.
  5. Bergantung pada Anda
    Sahabat yang cemburu dan iri pada Anda akan membuat dirinya jadi sangat bergantung pada Anda. Hingga akhirnya Anda jadi merasa harus bertanggung jawab pada hidupnya, seperti kebahagiaan serta kebutuhannya. Nantinya Anda jadi lebih memikirkan dia dan mengabaikan pencapaian diri sendiri. Wah, bahaya!

Kalau Anda sudah melihat tanda-tanda di atas pada sahabat Anda, sebaiknya berikan garis dan batasan yang jelas. Tentu Anda tidak ingin hubungan persahabatan rusak, kan? Jadi, bicarakan baik-baik mengenai hubungan kalian ke depannya. Jangan ragu untuk menyingkirkan sosok toxic dalam hidup Anda.

Sumber: Woamntalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.