Pelestari Utama Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati
Ilustrasi (Foto: Pixabay).

Tentangpuan.com – Secara tradisional, wanita bertanggung jawab penghidupan dan kelangsungan hidup untuk air, makanan, bahan bakar, makanan ternak dan habitat, meskipun mereka jarang mendapatkan pujian atau apresiasi karena mengasuh sistem pendukung kehidupan ini.

Berada pada posisi ini, kerusakan lingkungan, memperburuk masalah wanita dibanding laki-laki. Tantangannya adalah bagaimana membangun kembali simbiosis antar komunitas, perempuan dan sumber daya alam dan membalikkan tren dampak negatif dari paradigma pembangunan yang ada.

Wanita selalu menjadi pelestari utama keanekaragaman hayati. Bahkan saat ini, di desa-desa mereka menjalankan tugas seperti pemilihan benih, perbanyakan dan konservasi. Tradisi konservasi ala perempuan pedesaan dan suku, dengan mengacu pada agro-biodiversitas yang terkenal.

Sayangnya, sistem ketahanan pangan saat ini hanya bergantung pada jumlah ketersediaan dan sedikitnya tanaman. Padahal, penting untuk memperluas basis makanan, keamanan dengan memasukkan sejumlah besar spesies dan
varietas tanaman pangan masih dipelihara oleh suku dan pedesaan keluarga.

Secara tradisional, wanita berurusan dengan non-monetisasi, ekonomi subsisten berbasis biomassa rumah tangga yaitu kayu bakar, kotoran sapi, sisa tanaman, pupuk organik, dan lain-lain.

Sebagai perbandingan, pria cenderung merusak alam untuk mendapatkan penghasilan
uang tunai bahkan jika itu berarti menciptakan kesulitan sendiri keluarga untuk kaum wanitanya untuk mengumpulkan bahan bakar dan makanan, misalnya, penjualan jamu dan kayu.

Adalah bahwa wanita bekerja sebagai buruh tidak dibayar di pertanian keluarga dengan peran yang lebih besar daripada laki-laki dalam pengambilan keputusan operasional.

Populasi tekanan telah meningkatkan migrasi laki-laki, yang pada gilirannya menambah beban kerja perempuan. Artinya, ini berarti tanggung jawab perempuan meluas dari rumah tangga tugas untuk bekerja di lapangan juga.

Di wilayah berkembang dunia, wanita dianggap sebagai pengguna utama sumber daya alam (Tanah, Hutan dan air), karena merekalah yang ada bertanggung jawab untuk mengumpulkan makanan, bahan bakar dan pakan ternak. Meskipun di negara-negara ini, kebanyakan wanita tidak dapat memiliki tanah dan pertanian langsung, mereka adalah orang-orang yang menghabiskan sebagian besar dari mereka waktu bekerja di pertanian untuk memberi makan rumah tangga. Memikul tanggung jawab ini menuntun mereka untuk belajar lebih banyak tentang tanah, tanaman, dan pohon dan tidak menyalahgunakannya.

Padahal, masukan teknologi meningkatkan keterlibatan laki-laki dengan tanah, banyak dari mereka meninggalkan pertanian untuk pergi ke kota-kota mencari pekerjaan; sehingga wanita menjadi semakin bertanggung jawab
porsi yang meningkat dari tugas pertanian.

Wanita pedesaan ini cenderung memiliki hubungan yang lebih dekat dengan tanah dan lainnya. Sumber daya alam, yang mempromosikan budaya baru penggunaan yang hormat dan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan, memastikan bahwa generasi berikutnya dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain mempertimbangkan bagaimana mencapai yang sesuai produksi pertanian dan nutrisi manusia, yang diinginkan wanita untuk mengamankan akses ke tanah.

Perspektif wanita dan nilai lingkungan agak berbeda dari Pria. Wanita memberikan prioritas yang lebih besar pada perlindungan dan meningkatkan kapasitas alam, memelihara pertanian tanah, dan merawat masa depan alam dan lingkungan.

Penelitian berulang kali menunjukkan bahwa wanita memiliki kepentingan di lingkungan dan kepentingan ini tercermin dalam derajat yang mereka pedulikan tentang sumber daya alam. Ekofeminisme mengacu pada perspektif perempuan dan feminis tentang lingkungan – di mana dominasi suatu eksploitasi perempuan, dari orang-orang miskin sumber daya dan alam berada di jantung dari gerakan ekofeminist.

Sumber : academicresearchjournals.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.