Tentangpuan.com – Pelukis Jepang yang inovatif Uemura Shōen lahir tak lama setelah periode Edo Jepang berakhir, masa di mana wanita yang bisa melukis dianggap berbudaya dan sangat dikagumi – selama mereka melakukannya di balik pintu tertutup.
Ketika seorang wanita kelas atas menikah, dia akan membawa konrei chōdo (perlengkapan pengantin) ke rumah perkawinan barunya yang sering kali termasuk kuas dan perlengkapan melukis; dia bisa melukis dengan bebas (secara pribadi) atau di depan teman-temannya, tetapi itu tidak lebih dari sekedar hobi. Satu-satunya cara seorang wanita dapat meningkatkan keterampilannya lebih dari itu adalah jika dia memiliki anggota keluarga artistik yang dapat melatihnya di rumahnya sendiri, seperti yang terjadi pada pelukis wanita terkenal Kiyohara Yukinobu.
Shōen (lahir Uemura Tsune) adalah salah satu wanita pertama yang mulai mengubah mentalitas ini dan kemudian menjadi salah satu artis wanita paling terkenal di Jepang, mencapai tingkat pengakuan yang sebelumnya tidak pernah terdengar ketika dia menjadi wanita pertama yang menerima penghargaan. Penghargaan Order of Culture. Pada saat Shōen dibesarkan, adalah hal yang tidak biasa bagi seorang wanita untuk menjadi pelukis profesional karena tidak ada wanita yang akan menerima pelatihan profesional di sekolah yang sudah mapan. Namun peluang bagi wanita mulai meningkat – catatan tahun 1858 menunjukkan bahwa ada 80 pelukis wanita yang aktif di Jepang – dan Shōen cukup beruntung untuk tumbuh dalam keluarga yang suportif. Dia lahir di Shimogyo, Kyoto dua bulan setelah kematian ayahnya, dan dibesarkan oleh ibu dan bibinya. Ibunya mengelola toko teh dan Shōen akan duduk di gambar sudut sementara dia merawat pelanggan (penggemar paling awal artis).
Seorang wanita yang ambisius, ibu Shōen mendukung keputusan putrinya untuk mengejar karir di bidang lukisan dan mengirimnya ke Sekolah Melukis Prefektur Kyoto ketika dia berusia 12 tahun. Di sini dia mulai belajar di bawah bimbingan pelukis lanskap gaya Tiongkok Suzuki Shonen, yang menghargai bakatnya dengan memberinya kanji pertama (karakter Cina yang digunakan dalam sistem penulisan Jepang) dari nama samarannya (Shō) untuk digunakan dalam miliknya. Dia juga membiarkannya mengejar lukisan sosok, meskipun ini tidak diizinkan oleh sekolah sampai tahun-tahun pelatihan berikutnya.
Kekaguman Shōen pada ukiyo-e, cetakan balok kayu Jepang, memengaruhi gayanya saat ia mengembangkan teknik baru dan menggambar berbagai subjek. Dia menjadi paling terkenal karena lukisan sosok perempuannya, yang dikenal sebagai bijin-ga. Secara tradisional lukisan bijin-ga adalah pelacur tetapi dalam interpretasi genre yang lebih modern, Shōen memilih untuk merayakan wanita biasa sebagai lawan dari penghibur yang diidealkan.Wanita Shōen sering digambarkan dalam momen-momen rumah tangga pribadi, atau didandani dengan dandanan mereka saat pergi keluar, meskipun sang seniman menerima kritik karena melukis wanita yang menyerupai boneka porselen, bukan darah dan daging wanita sungguhan.
Tema lain yang konsisten dalam karyanya adalah memasukkan unsur-unsur dari narasi tradisi Noh, sebuah bentuk utama dari drama musikal klasik Jepang. Karyanya Jo-no-mai diberi nama untuk tarian yang dilakukan dalam pengantar drama Noh. Peran perempuan dalam pertunjukan Noh sering dimainkan oleh laki-laki, tetapi Shōen menggunakan perempuan untuk menciptakan kembali peran ini untuk lukisannya.
Sebagian besar karyanya terdiri dari sosok sentral besar yang dilukis dengan latar belakang kosong dengan detail realistis, garis-garis rapi, dan penggunaan warna yang tenang, yang akan dikoordinasikan dengan cermat sehingga pakaian dan fiturnya akan menonjol.
Pada usia 15, Shōen menjadi selebriti di dunia seni ketika lukisannya, The Beauty of Four Seasons, dibeli oleh Duke of Connaught, putra Ratu Victoria, yang sedang mengunjungi Jepang. Peningkatan yang dihasilkan dalam reputasinya berarti bahwa dia mulai memenangkan komisi dari pelanggan pribadi. Segera setelah itu, pemerintah Jepang memilihnya, bersama dengan beberapa seniman terkemuka lainnya untuk menampilkan karyanya di Pameran Dunia di Chicago pada tahun 1893, namun Shōen adalah yang termuda dan satu-satunya yang bukan dari kancah seni Tokyo yang jauh lebih maju. Shōen memenangkan penghargaan pertamanya pada tahun 1898 untuk karya yang telah dipilihnya untuk ditampilkan di “Shinko Bijutsu Tenrankai” (Pameran Seni Baru dan Lama) di Kyoto. Penghargaan nasional pertamanya, pada tahun 1900, adalah untuk lukisan yang dia kirimkan ke pameran yang disponsori oleh Akademi Seni Rupa Jepang.
Pada tahun 1941, Shōen diundang untuk bergabung dengan Imperial Art Academy, menjadikannya anggota wanita pertama. Dia dipekerjakan sebagai artis resmi Rumah Tangga Kekaisaran, hanya wanita kedua yang memegang posisi ini, yang lainnya adalah Shohin Noguchi pada tahun 1904. Ketika Perang Dunia II dimulai, Shōen mulai menggunakan posisinya untuk menunjukkan nasionalismenya, menciptakan gambar yang menggambarkan wanita yang kuat, tidak terpengaruh oleh perang, melakukan tugas sehari-hari mereka. Dia juga melakukan perjalanan ke zona perang di China, meskipun berusia 60-an, untuk membantu mengumpulkan pasukan.
Shōen memimpin apa yang dilihat sebagai kehidupan yang tidak konvensional; Dia tidak hanya bekerja sebagai pelukis, tetapi dia juga tidak pernah menikah, memiliki anak di luar nikah, dan membesarkannya sebagai ibu tunggal. Dia mendobrak batasan, bekerja tanpa henti, dan mencapai beberapa hal pertama yang luar biasa, memiliki ketenangan yang sama tetapi tekad yang sama dari wanita yang dia gambarkan dalam lukisannya. Dia memberikan kontribusi besar pada seni modern di Jepang dan membuka jalan bagi seniman wanita masa depan. Dia meninggal pada tahun 1949, setahun setelah menjadi wanita pertama yang memenangkan Order of Culture, membuktikan bahwa melukis bisa lebih dari sekadar hobi.
Sumber: Artsandculture.google.com