Viral, Bayi Usia 2 Bulan Diberi Makan Pisang, Begini Kata Pakar

Bayi makan
Ilustrasi bayi sedang makan, (Foto: Pixabay.com).

TENTANGPUAN.COM – Media sosial yang bisa menghubungkan orang dari tempat yang berbeda-beda yang dipisahkan oleh jarak, sehingga membuat apapun yang diunggah di laman media sosil akan mudah menjadi viral.

Belum lama ini, beredar di media sosial video seorang ibu memberikan buah pisang untuk anaknya yang masih berusia dua bulan.
Dalam video tersebut, sang ibu tampak begitu bangga bahwa bayinya baik-baik saja meski memakan buah pisang.

“Kata orang bayi belom genap 6bulan jangan dikasih makan dulu..??” tulis seorang ibu dalam video yang beredar di media sosial.
“Alhamdulillah anakku sehat2 aja makan pisang dari usia 2bulan sudah makan pisang,” sambungnya.

Video tersebut sontak mengundang amarah warganet. Pasalnya, bayi di bawah usia 6 bulan diketahui belum boleh mengonsumsi makanan dan minuman selain air susu ibu (ASI).

“Salah satu fungsi kenapa seorang ibu harus smart,jgn hape doank yg smart bu,” tulis @nov***.

“Pinternyaaaa si ibukkkk ????…dah nyuapin anaknya dibawah umur posisi tiduran pula….,” tulis @dya***

World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI hanya untuk bayi yang sudah berusia enam bulan.

Mengutip laman Halodoc, bayi dengan usia 0 sampai 5 bulan belum memiliki sistem metabolisme tubuh yang stabil. Sehingga pemberian MPASI pada bayi di bawah enam bulan dapat membahayakan kesehatannya, terutama pada pencernaan, seperti diare, muntah-muntah, hingga gizi buruk.

Sayangnya, kasus seperti ini marak terjadi karena tidak semua ibu memiliki pemahaman akan MPASI. Sebelumnya, pernah viral juga kejadian bayi belum genap dua bulan meninggal dunia setelah memakan pisang dan susu.

Insiden tersebut terungkap lewat unggahan yang beredar di Facebook. Unggahan tersebut menceritakan ada seorang bayi memakan pisang yang diberikan oleh neneknya. Lalu, terjadi masalah pada lambung bayi tersebut hingga harus menjalani operasi.

Setelah melakukan operasi, dokter menyarankan agar pihak keluarga tidak memberikan bayi tersebut susu formula. Namun, lagi-lagi sang nenek memberikan susu formula karena mengira cucunya menangis kelaparan. Selang beberapa jam, sang bayi dinyatakan meninggal dunia.

Oleh karena itu, perlu diingat bahwa bayi di bawah usia enam bulan hanya dapat mencerna ASI. Berikanlah makanan lain atau MPASI pada bayi yang sudah berusia enam bulan karena tubuhnya sudah siap menerima dan mencerna makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.