Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuatmu Bahagia

Bahagia
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Dalam hidup ini, banyak kita yang selalu merasa susah sekali bahagia. Selalu ada ruang di dalam diri yang membuat kita merasa sedih bahkan ketika memiliki banyak sekali pencapaian. Tapi, tahukah kamu, jika untuk bahagia kita tidak perlu menjadi seseorang yang berlebihan, terutama jika berharap kebahagiaan bisa datang dari orang lain.

Untuk bisa bahagia, kita tak bisa hanya menunggu atau berdiam diri saja. Bahkan kita tak bisa selalu bergantung pada oran lain untuk membuat kita bahagia. Pada dasarnya, untuk bisa bahagia kita perlu mengupayakannya.

Kita bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia melalui kebiasaan-kebiasaan sederhana. Menurut sejumlah penelitian, seperti yang dilansir dari laman verywellmind.com, ada lima kebiasaan yang bisa membuat hidup kita lebih bahagia. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

  1. Bersyukur Setiap Hari

Jadikan kebiasaan bersyukur menjadi kebiasaan harian. Kuncinya adalah melakukannya dengan penuh kesadaran. Syukuri hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita, maka kebahagiaan bisa meningkat. Menurut jurnal A Tuesday in the life of a flourisher: The role of positive emotional reactivity in optimal mental health, pengalaman sehari-hari yang sederhana ini bisa membuat kita lebih bahagia dibandingkan kejadian-kejadian besar dalam hidup lainnya. Bisa dimulai dengan mensyukuri tiga hal yang masih bisa dirasakan saat ini, dan jadikan kebiasaan bersyukur sebagai bagian tak terpisahkan dalam keseharian.

  1. Kelilingi Diri dengan Orang-Orang Positif

Kebahagiaan itu menular. Menurut riset Dynamic spread of happiness in a large social network: longitudinal analysis over 20 years in the Framingham Heart Study, tinggal dengan orang bahagia meningkatkan kebahagiaan kita sendiri sebanyak 25%. Saat merasa sedang tidak semangat atau tidak bahagia, coba untuk menghubungi seseorang yang sedang bahagia atau memiliki aura positif. Otak kita memiliki neuron yang bisa meniru hal yang sedang diekspresikan orang lain.

  1. Berbuat Hal Baik

Riset Acts of Kindness and Acts of Novelty Affect Life Satisfaction menunjukkan bahwa membelanjakan uang untuk orang lain membuat kita lebih bahagia dibandingkan membelanjakan uang untuk diri sendiri. Melakukan kebaikan bisa meningkatkan kepuasan hidup. Melakukan sesuatu untuk orang lain, sekecil apa pun itu, bisa membuat kita lebih bahagia.

  1. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga dan Teman

Cobalah untuk senantiasa terhubung dengan orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Bahkan persahabatan bisa menjadi salah satu kunci umur panjang. Dalam penelitian Social Relationships and Mortality Risk: A Meta-analytic Review, interaksi sosial yang rendah (yang bisa memicu kesepian) sama buruknya dengan merokok 15 batang rokok per hari dan dua kali lebih buruk untuk kesehatan seperti obesitas. Sebisa mungkin tetap biasakan terhubung dengan orang-orang tercinta untuk bahagia.

  1. Perbanyak Pengalaman, Bukan Hal-Hal yang Bersifat Material

Pengalaman bisa kita ingat lebih lama dibandingkan harta benda. Penelitian The hidden cost of value-seeking: People do not accurately forecast the economic benefits of experiential purchases membuktikan bahwa orang bisa lebih bahagia saat membelanjakan uangnya untuk pengalaman daripada benda. Coba untuk mulai membiasakan membeli pengalaman, dan bukan sekadar hal-hal yang bersifat material.

Kebahagiaan kita adalah tanggung jawab pribadi kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk bisa memiliki kesadaran penuh ketika ingin memiliki hidup bahagia. Bisa dimulai dengan lima kebiasaan sederhana di atas untuk meraih kebahagiaan yang kita inginkan.

Sumber: Fimela.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.