Kesalahan Orangtua dalam Mengasuh Anak SD

Sekolah Dasar
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Menjadi orangtua memang bukan hal yang mudah, terutama saat anak mulai memasuki usia sekolah. Sekolah Dasar (SD) merupakan fase penting dalam kehidupan setiap anak. Di masa SD, anak-anak mempelajari banyak hal yang mengembangkan kepribadian dan kecerdasan mereka, Bunda.
Orang tua perlu memberikan dukungan penuh agar anak mampu melewati masa SD dengan baik. Sekolah menjadi kesempatan setiap anak untuk mencetak prestasi.

Tak hanya belajar, anak juga mampu menggali potensi diri dengan mengasah bakat mereka. Kegiatan tambahan di SD seperti ekstrakurikuler juga bisa digunakan sebagai tempat menyalurkan hobi si kecil.

Meski begitu, anak mungkin akan merasa sedikit kaget saat melewati masa transisi dari TK ke bangku SD. Dibutuhkan penyesuaian agar mereka mampu beradaptasi menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Enggak cuma si kecil, orang tua juga perlu beradaptasi di masa transisi tersebut. Jangan sampai Bunda terlalu asik mengurus keperluan anak masuk SD.

Beberapa orang tua terlalu ikut campur dengan tanggung jawab anak di sekolah. Padahal, sekolah dasar adalah masa transisi anak untuk mencapai usia remaja ketika sudah lulus nanti.

Orang tua memang selalu ingin memastikan bahwa mereka telah memenuhi kebutuhan anak-anak. Namun jangan sampai kita mengurus hal yang kurang penting. Cara itu hanya akan membuat anak terbebani dan merasa tertekan.

Ada beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan orang tua anak SD. Kesalahan itu di antaranya sibuk mencari alasan dari kesalahan anak, membantu anak melakukan segalanya, dan memberikan hadiah untuk segala pencapaian.

Ketika anak masuk SD, Bunda biasanya repot mempersiapkan berbagai macam kebutuhan seperti buku, seragam, dan tas sekolah. Beli peralatan sekolah secukupnya saja ya, Bunda.

Tak hanya itu, biarkan anak mempersiapkan peralatan sekolah mereka sendiri. Jangan terus-terusan menyiapkan tas sekolah anak. Sebaliknya, Bunda bisa mendampingi si kecil untuk memastikan agar tidak ada barang yang tertinggal.

Apabila anak masih harus menjalankan sekolah online dari rumah, ajari anak untuk membereskan peralatan sekolahnya ketika jam sekolah sudah selesai.

Jika terbiasa melakukan kewajiban si kecil, mereka tidak akan pernah belajar. Hal itu akan mempengaruhi kehidupan mereka ketika sekolah.

Sumber: Haibunda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.