Pilihan Makanan yang Bisa Dikirim ke Teman yang Sedang Isoman

Isoman
Ilustrasi, (Foto: Pexels).

Tentangpuan.com – Pandemi Covid-19 yang melanda hampir semua belahan dunia membuat banyak orang terinfeksi dan harus menjalani isolasi.

Saat ada teman kita yang terinfeksi Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri atau isoman, kita mungkin tergerak untuk mengiriminya sesuatu. Biasanya yang terlintas di pikiran adalah makanan atau minuman. Namun selain enak, makanan atau minuman kiriman kita ini sebaiknya bisa membantunya memulihkan kesehatan fisik. Berikut ini beberapa ide makanan dan minuman untuk dikirim ke teman yang isoman!

  1. Buah-buahan
    Pengidap Covid-19 biasanya kehilangan kemampuan pengecap dan pembaunya sehingga hilang nafsu makan. Mengiriminya buah-buahan bisa membantu teman Anda mengembalikan nafsu makannya, dengan makanan yang bermanfaat baik pula bagi tubuhnya. Kirim buah-buahan seperti jeruk, apel, atau buah-buahan lain yang sudah dikupas, ya, biar siap disantap!
  2. Camilan sehat
    Hindari mengirim camilan berupa gorengan karena senyawa yang terbentuk dari proses menggoreng bisa memperburuk sindrom metabolik juga menyebabkan peradangan. Sebaiknya kirimi teman camilan sehat, seperti cookies bebas gluten dari Ladang Lima ini.
  3. Makanan matang
    Teman Anda yang sedang isoman mungkin masih lemah tubuhnya sehingga tak memungkinkan untuk memasak. Anda bisa mengiriminya makanan matang seperti ayam panggang, sup ayam, sup kacang merah, telur rebus, atau tumis sayuran yang mengandung protein, vitamin A, C, D, dan E, serta zinc. Zat bergizi tersebut mampu membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.
  4. Salad
    Selain mengirimi teman yang sedang isoman dengan makanan matang, Anda juga bisa menjadikan salad sebagai pilihan. Pilih kombinasi sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein seperti tuna, ayam, telur, atau daging. Selain praktis, salad juga merupakan alternatif yang sehat sehingga bagus untuk pemulihan teman Anda yang sedang isoman.
  5. Susu dan yoghurt
    Kandungan nutrisi pada susu bermanfaat bagi sistem imun tubuh. Selain itu, bakteri baik hidup pada produk susu seperti yoghurt dan probiotik juga menstimulasi sistem imun kita untuk memerangi penyakit. Pilihlah yoghurt plain atau tanpa rasa dengan label “kultur hidup dan aktif” seperti greek yoghurt ini, atau minuman probiotik. Jika kurang manis, Anda bisa menambahkan buah atau madu.
  6. Jus buah
    Selain mengiriminya buah-buahan, minuman berupa jus buah juga bagus diberikan untuk pasien Covid-19 yang sedang isoman. Pilih jus buah yang mengandung Vitamin C tinggi seperti jus jambu biji atau jus jeruk. Hindari tambahan gula yang berlebihan agar tidak mengganggu pemulihan daya tahan tubuh teman Anda yang sedang lemah, ya.

Selain makanan dan minuman, Anda juga bisa memberinya bantuan lain seperti mengiriminya buku atau rekomendasi tontonan yang menghibur. Menemaninya ngobrol virtual juga bisa membantu meredakan stres dan mengusir sepi selama ia menjalani isoman, lho!

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.