Cerdas Berdebat Itu

berdebat
Ilustrasi, (Foto: Pexels).

Tentangpuan.com – Pernahkah anda berdebat? Seberapa sering anda memperdebatkan sesuatu? Pertanyaan semacam ini seringkali muncul ketka kita sedang melakukan pembatasan yang membuat kita berhenti saat kita terlalu memaksakan sesuatu yang mungkin membuat kita sangat mendahulukan ego.

Ada sorang teman menyebutkan, tentang pertaruhan kecerdasan serta pembuktian intelektualitas melalui adu argumen, berikutnya, pembahasan lain lagi dari standarisasi EYD, dan bentuk-bentuk baku yang telah tergeser, dan dilumrahkaprahkan, itu memasygulkanku.

Aku kira, seperti banyak paradoks yang disajikan kehidupan, kecerdasan justru akan menyala terang, dan tak tersangkal pada kerendahan hati. Bukan pada seberapa banyak, kau telah memenangkan perdebatan, seberapa banyak teori yang kau hafal. Atau, bukan pada seberapa kata-kata pesohor yang kau kutip.

Serupa adegan perdebatan, di film Good Will Hunting, antara Will si buruh serabutan jenius, dan sorang mahasiswa Harvard. Di mana, saat si Harvard mulai mengutip pendapat tokoh-tokoh ekonomi, atau siapa, dan dia justru gelagapan dengan pertanyaan, “Lalu pendapatmu sendiri apa?”

Jadi, aku mohon. Berhentilah menjadikan jiwamu, sebagai wadah dari cipratan pemikiran orang lain, dengan membabi buta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.