Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi

Menari
Ilustrasi (Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Pandemi membuat kita benar-benar harus memperhatikan kesehatan. Mulai dari mengartur pola makan dan melakukan hal-hal yang bisa membuat suasana hati menjadi senang.

Selain kesehatan tubuh, kesehatan mental juga wajib Anda jaga. Apalagi di tengah kondisi pandemi yang membuat diri sulit berkreasi dan beraktivitas dengan bebas. Anda jadi seperti terkurung dan tak bisa menyalurkan energi diri.

Yuk, lakukan kegiatan di rumah yang bisa membuat pikiran Anda jadi lebih sehat. Sebab Pikiran yang lebih sehat memunculkan emosi, kata-kata, tindakan, dan pengalaman yang lebih sehat. Tentunya semua itu baik bagi kesehatan mental Anda.

Berikut beberapa hobi yang bisa mulai dilakukan di rumah untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Semuanya tidak keluar biaya banyak, kok!

  1. Jalan kaki
    Selain manfaat kesehatan fisik, jalan kaki memberikan manfaat kesehatan emosional dan kesehatan mental. Jalan-jalan akan membantu Anda meningkatkan suasana hati dan menghilangkan emosi negatif. Berjalan membantu menjernihkan pikiran dan menciptakan ruang mental bagi Anda untuk lebih kreatif.
  2. Menonton film dan menulis review
    Menonton tentu jadi sebuah kegiatan menarik. Namun akan semakin menarik ketika Anda bisa menuliskan ulang apa yang sudah Anda tonton dari sudut pandang diri. Tak lupa berikan penilaian dari pikiran Anda pribadi. Anda bisa banyak berkreasi lewat dua kegiatan yang dijadikan satu. Siapa tahu Anda juga bisa bertemu teman online untuk bisa membahas film tersebut bersama-sama.
  3. Membaca
    Dengan membaca, konsentrasi jadi meningkat, ingatan terasah, dan juga membantu Anda mempelajari banyak kata-kata baru. Tidak perlu baca buku dengan tema yang berat, kok. Tak masalah mau baca komik, novel cinta, atau web novel. Yang paling penting adalah Anda bahagia dan menikmatinya.
  4. Menyanyi
    Tidak bisa menyanyi? Manfaatkan kamar atau kamar mandi sebagai area Anda bernyanyi. Bernyanyi selama satu jam ternyata bisa memudahkan Anda melewati hari yang berat. Jika sebelumnya banyak yang bilang suara Anda fals, kini cuek saja. Toh, hanya Anda sendiri (bersama orang rumah) yang mendengar. Walau suara Anda fals seperti Song Hwa tetap percaya diri, ya!
  5. Menari
    Seperti berjalan, menari adalah latihan aerobik. Menari juga membuat Anda bahagia dan orang yang bahagia itu memiliki kesehatan mental yang baik. Kalau Anda malu dilihat orang, menarilah di kamar atau manfaatkan aplikasi, seperti TikTok, untuk jadi alasan Anda menari.
  6. Berkebun
    Ketika Anda merawat taman, Anda memelihara tanaman dan sebagai imbalannya Anda mencintai diri sendiri. Anda lebih bahagia. Ketika Anda lebih dekat dengan tanaman, Anda menghirup oksigen lebih dekat ke sumbernya. Tidak punya lahan? Intip tipsnya berikut ini!
  7. Menulis jurnal syukur
    Menulis juga merupakan obat. Kalau Anda merasa tidak ada teman untuk bercerita, tuliskan apa yang ada di kepala dalam buku catatan khusus. Ingat-ingat apa saja hal yang Anda syukuri di sepanjang hari dan buat daftar sehingga Anda sadar kalau ada banyak hal baik terjadi pada Anda, bahkan ketika Anda mengalami hari yang berat sekalipun.

Jika rutin dilakukan, maka kegiatan di atas bisa jadi hobi baru yang membantu Anda semakin bahagia. Hati yang bahagia membuat kesehatan mental Anda berada dalam kondisi terbaik.

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.