Makan Buah dan Sayuran Ini Sepuasnya Tanpa Takut Gemuk

Stroberi
Ilustrasi (Pexels).

Tentangpuan.com – Walau menyehatkan, tidak semua buah tidak membuat tubuh kita gemuk jika dikonsumsi secara berlebih. Tapi jangan kuatir, selalu ada alternatif untuk kamu tetap bisa makan sepuasnya.

Banyak makan memang bisa bikin gemuk, tetapi tidak jika Anda makan bermacam buah dan sayuran di bawah ini. Kok bisa? Menurut ahli gizi Dr. Lisa Young, itu karena buah dan sayuran ini tidak mengandung tepung, sebagian besar terdiri dari air, rendah kalori, dan mengandung serat yang membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Penasaran apa saja buah dan sayurannya? Ini daftarnya.

  1. Seledri. Hampir 95% seledri adalah air, tetapi tetap bernutrisi karena mengandung potasium, folat, serat, dan 30% kebutuhan vitamin K harian. Jangan takut gemuk karena hanya ada enam kalori dalam satu porsi.
  2. Kale. Satu cangkir porsi hanya memiliki sekitar 33 kalori, tetapi mengandung hampir tiga gram protein dan 2,5 gram serat per porsi. Ini adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung asam lemak omega-tiga, nutrisi yang biasa didapatkan dari ikan berminyak.
  3. Mentimun. Satu buah mentimun yang sebagian besar terdiri dari air, hanya mengandung 16 kalori. Jangan mengupas kulit dan membuang bijinya karena keduanya mengandung serat dan bentuk vitamin A beta-karoten, yang baik untuk mata.
  4. Tomat. Buah ini terkenal karena mengandung likopen dan karotenoid yang membantu melawan penyakit kronis. Selain itu, tomat kaya akan vitamin A, C, dan B2, serta folat, kromium, kalium, dan serat.
  5. Jeruk bali. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah ini membantu penurunan berat badan karena mengandung serat tinggi, yang mencegah rasa lapar dengan menstabilkan kadar gula darah dan membantu merasa kenyang lebih lama.
  6. Brokoli. Sayuran ini paling bergizi saat dimakan mentah atau dikukus. Selain vitamin A, C, E, dan K, satu porsi brokoli kukus mengandung sekitar 20% kebutuhan serat harian dan hanya sekitar 31 kalori.
  7. Blewah. Buah khas bulan Ramadhan ini mengandung 90% air dan hanya 55 kalori dalam satu porsi. Hanya satu cangkir blewah dapat memberi lebih dari 100% vitamin A dan C yang direkomendasikan setiap hari.
  8. Kembang kol. Sayuran yang memiliki sekitar 25 kalori dalam satu porsi ini juga mengandung antioksidan dan fitokimia, yang membantu melawan penyakit kronis, dan merupakan sumber folat, serat, dan vitamin C dan K yang sangat baik.
  9. Selada. Sebagian besar jenis selada hanya memiliki sekitar 10-20 kalori per porsi. Meskipun tidak memiliki protein, tetapi sayuran ini menambahkan banyak vitamin dan nutrisi seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C.
  10. Jeruk. Karena vitamin C sangat penting dalam produksi kolagen, jeruk membantu menjaga kulit bebas dari kerusakan dan juga rendah kalori karena yang berukuran sedang hanya memiliki sekitar 80 kalori.
  11. Stroberi. Buah ini merupakan sumber potasium dan serat yang baik serta bebas lemak, natrium, kolesterol, dan hanya memiliki sekitar 50 kalori yang membuatnya sehat untuk jantung dan juga tidak bikin gemuk.

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.