Perempuan Harus Tahu, Tanda-tanda Hubungan Tidak Sehat

Ilustrasi
Ilustrasi

Tentangpuan.com – Banyak orang yang beralibi untuk tetap melanjutkan hubungan meskipun sudah tidak sehat. Dengan berbagai alan, terkadang kita mentoleransi apa yang sebenarnya telah mebuat kita rusak atau terganggu. Meskipun setiap orang terkadang melakukan hal-hal yang tidak sehat, kita semua dapat belajar mencintai lebih baik dengan mengenali tanda-tanda tidak sehat dan beralih ke perilaku yang sehat. Jika Anda melihat tanda-tanda tidak sehat dalam hubungan Anda, penting untuk tidak mengabaikannya dan memahami bahwa hal itu dapat meningkat menjadi pelecehan.

Intensitas
Ketika seseorang mengungkapkan perasaan yang sangat ekstrim dan perilaku berlebihan yang membuat Anda kewalahan. Segalanya menjadi terlalu intens jika Anda merasa seseorang terburu-buru dalam hubungan (datang terlalu kuat, terlalu cepat) dan tampak obsesif ingin melihat Anda dan terus-menerus melakukan kontak.

Kepemilikan
Ketika seseorang cemburu ke titik di mana mereka mencoba untuk mengontrol dengan siapa Anda menghabiskan waktu dan apa yang Anda lakukan. Meskipun kecemburuan adalah emosi manusia yang normal, kecemburuan menjadi tidak sehat jika menyebabkan seseorang mengontrol atau menyerang Anda. Ini berarti menjadi kesal saat Anda mengirim pesan atau bergaul dengan orang yang membuat mereka merasa terancam, salah menuduh Anda menggoda atau menipu, atau bahkan menguntit Anda. Sifat posesif sering kali dianggap sebagai sikap yang terlalu protektif atau memiliki perasaan yang sangat kuat terhadap seseorang.

Manipulasi
Ketika seseorang mencoba mengendalikan keputusan, tindakan, atau emosi Anda. Manipulasi seringkali sulit dikenali, karena dapat diekspresikan dengan cara yang halus atau pasif-agresif. Anda tahu bahwa Anda sedang dimanipulasi jika seseorang mencoba meyakinkan Anda untuk melakukan hal-hal yang Anda rasa tidak nyaman untuk Anda lakukan, mengabaikan Anda sampai mereka berhasil, atau mencoba memengaruhi perasaan Anda.

Isolasi
Ketika seseorang menjauhkan Anda dari teman, keluarga, atau orang lain. Perilaku ini sering kali dimulai perlahan dengan seseorang meminta Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu 1: 1 dengan mereka tetapi kemudian dapat meningkat menjadi tuntutan bahwa Anda tidak melihat orang-orang tertentu. Seringkali, mereka akan meminta Anda untuk memilih antara mereka dan teman-teman Anda, bersikeras bahwa Anda menghabiskan seluruh waktu Anda dengan mereka, atau membuat Anda mempertanyakan penilaian Anda sendiri terhadap teman dan keluarga. Jika Anda mengalami isolasi, Anda mungkin akan merasa seperti bergantung pada pasangan untuk mendapatkan cinta, uang, atau penerimaan.

Sabotase
Ketika seseorang dengan sengaja merusak reputasi, pencapaian, atau kesuksesan Anda. Sabotase termasuk mencegah Anda melakukan hal-hal yang penting bagi Anda. Perilaku seperti berbicara di belakang Anda, memulai rumor, atau mengancam untuk membagikan informasi pribadi tentang Anda, juga merupakan sabotase.

Meremehkan
Ketika seseorang melakukan dan mengatakan sesuatu untuk membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri. Ini termasuk menyebut nama, membuat komentar kasar tentang orang yang dekat dengan Anda, atau mengkritik Anda. Itu juga meremehkan ketika seseorang mengolok-olok Anda dengan cara yang membuat Anda merasa buruk, bahkan jika itu dianggap lelucon. Seiring waktu, hal ini bisa membuat Anda kehilangan kepercayaan pada diri sendiri atau kemampuan Anda.

Guilting
Saat seseorang membuat Anda merasa bertanggung jawab atas tindakannya atau membuat Anda merasa sudah menjadi tugas Anda untuk membuatnya bahagia. Mereka mungkin menyalahkan Anda atas hal-hal yang di luar kendali Anda dan membuat Anda merasa tidak enak karenanya. Ini termasuk mengancam untuk melukai diri sendiri atau orang lain jika Anda tidak melakukan apa yang mereka katakan atau tetap bersama mereka. Mereka mungkin juga menekan Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda tidak nyaman dengan menyatakan bahwa hal itu penting bagi mereka atau akan menyakiti perasaan mereka jika Anda tidak melakukannya.

Keriangan
Ketika seseorang memiliki reaksi yang sangat kuat dan tidak dapat diprediksi yang membuat Anda merasa takut, bingung, atau terintimidasi. Orang yang mudah berubah membuat Anda merasa perlu berjalan di atas kulit telur di sekitar mereka atau mereka akan bereaksi ekstrem terhadap hal-hal kecil. Hubungan Anda dengan mereka mungkin terasa seperti rollercoaster yang mengalami pasang surut yang ekstrim. Mereka mungkin bereaksi berlebihan terhadap hal-hal kecil, mengalami perubahan suasana hati yang besar, atau kehilangan kendali karena melakukan kekerasan, berteriak, atau mengancam Anda.

Membelokkan Tanggung Jawab
Ketika seseorang berulang kali membuat alasan untuk perilaku tidak sehat mereka. Mereka mungkin menyalahkan Anda atau orang lain atas tindakan mereka sendiri. Seringkali, ini termasuk membuat alasan berdasarkan alkohol atau penggunaan narkoba, masalah kesehatan mental atau pengalaman masa lalu (seperti mantan selingkuh atau orang tua yang bercerai).

Pengkhianatan
Ketika seseorang tidak setia atau bertindak dengan cara yang sengaja tidak jujur. Mereka mungkin bertindak seperti orang yang berbeda di sekitar orang lain atau membagikan informasi pribadi tentang Anda kepada orang lain. Ini juga termasuk berbohong, sengaja meninggalkan Anda, bermuka dua, atau menipu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.