Sering Terjebak Penampilan Serba Branded, Ini Ciri-ciri OKB yang Mudah Terlihat

Orang kaya
Ilustrasi, (Foto: Pixabay.com).

TENTANGPUAN.COM – Kebanyakan dari kita sudah sangat tidak asing dengan istilah crazy rich, bukan? Istilah tersebut biasanya disematkan kepada seseorang yang dinilai kaya raya.

Tak heran, belakangan ini pin semakin banyak public figure baru yang disebut-sebut memiliki kekayaan fantastis sehingga disebut dengan gelar tersebut.

Saat ini, istilah tersebut semakin merujuk pada sejumlah orang yang suka memamerkan kekayaannya di media sosial. Semakin mewah kehidupan yang dipertontonkan ke netizen, julukan sebagai orang kaya dan miliarder pun tak terbantahkan melekat pada dirinya.

Ternyata, fenomena orang kaya baru ini tidak hanya terjadi di Indonesia, lho. Kemunculan para orang kaya baru (OKB) ini juga terjadi di berbagai negara dan tak luput menjadi perbincangan banyak orang.

Nah, apakah anda ingin mengetahui kekayaan tersebut baru saja ia dapatkan atau memang sudah lama dimiliki dari keturunannya? Ada lho beberapa cara membedakan antara OKB dan old money, dari beberapa ulasan berikut ini:

Penampilan serba branded
Anna Bey yang menyebut dirinya sebagai pelatih elegansi mengungkap tanda-tanda OKB di kanal YouTube miliknya. Menurut Anna, banyak OKB terjebak dengan penampilan serba branded alis mendandani dirinya secara mencolok dengan barang-barang bermerek.

Ternyata, hal tersebut adalah keputusan yang salah karena membuat penampilan malah terlihat norak. Berbeda dengan old money yang biasanya memilih tampil simple nan elegan.

“Namanya sangat terlihat, sangat jelas, sangat mencolok di mata atau pakai baju bermotif dan semuanya logo brand. Itu bisa terlihat sedikit norak ketika kamu menggabungkan semua barang-barang berlogo atau brand jelas bersama, yang mana di situ lah menjadi sedikit tidak berkelas. Jika kamu mau logo, boleh. Tapi minimum saja, jangan semuanya berlogo, mungkin satu saja,” katanya.

Liburan mewah
Liburan mewah tentu saja identik dengan orang kaya kan, Bunda. Namun, hal satu ini bisa membedakan apakah orang yang liburan mewah adalah OKB atau orang kaya lama.

Orang kaya biasanya selalu ingin mencoba ke tempat-tempat liburan yang memang sudah dilabeli sebagai destinasi orang kaya. Sedangkan orang kaya lama memilih untuk memilih liburan ke tempat tersembunyi atau hidden gem.

“Jika kamu lebih tertarik dengan orang kaya lama atau jutawan atau miliarder rahasia kebanyakan mereka akan liburan ke tempat-tempat lain yang lebih ‘low-key’,” ungkap Anna melanjutkan.

Pengeluaran Tak Terkira
Pengeluaran tidak kira-kira untuk barang-barang yang kurang penting menurut Anna adalah perilaku OKB. Semua orang memang berhak memakai uang mereka tapi biasanya kebiasaan OKB adalah menghabiskan uang cenderung berlebihan dan kurang bijak. Sementara orang kaya lama umumnya punya pola pikir bahwa mereka harus bisa mewariskan harta pada generasi selanjutnya.

“Mereka lebih hati-hati dengan pengeluaran walaupun mereka akan beli barang-barang mahal tapi mereka akan berpikir pada kualitas daripada kuantitas. Orang kaya baru lebih suka memamerkan kelebihan, lebih banyak lebih baik, tapi pengeluarannya tidak terkontrol, itu tidak elegan,” ungkap Anna.

Nah, bagaimana, apa lagi yang menjadi pembeda OKB dan old money?

Sumber: Haibunda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.