Bahaya Insecure Yang Berlebihan Dalam Hubungan Percintaan

Insecure
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Perasaan insecure tidak hanya terjadi dalam lingkup kehidupan internal kita sebagai seorang individu. Tetapi insecure juga bisa terjadi dalam hubungan percintaan. Insecure adalah rasa tidak percaya pada diri sendiri atau perasaan tidak aman. Biasanya, dalam hubungan percintaan, perasaan insecure timbul karena merasa diri tidak pantas bersanding bersama pasangan.

Perasaan ini tidak salah karena hal yang umum terjadi pada diri kita, tetapi jangan biarkan perasaan ini menjadi berlebihan. Bila kita terlalu insecure, maka bisa berbahaya dalam menjalin hubungan percintaan. Apa saja bahaya dari perasaan insecure berlebihan tersebut? Simak berikut ini.Tidak bisa merasa senang dengan pencapaian pasangan
Ketika kita merasa insecure, kita akan sulit mendukung dan merasa senang dengan pencapaian pasangan kita. Padahal, saling mendukung satu sama lain sangat penting saat menjalin hubungan percintaan.

Jadi ketergantungan
Perasaan insecure bisa menimbulkan perasaan takut kehilangan yang sangat berlebihan. Akhirnya, kita jadi ketergantungan bersama pasangan. Padahal, hal paling penting dalam menjalin hubungan percintaan adalah saling percaya satu sama lain dan bersikap mandiri. Selain itu, ketergantungan juga bisa membatasi waktu ‘me time’ Anda dan pasangan sehingga bisa menimbulkan hubungan percintaan yang tidak sehat.

Mudah cemburu
Insecure yang berlebihan juga bisa membuat kita jadi mudah cemburu. Sebenarnya tidak masalah perasaan cemburu itu muncul, tetapi kalau jadi berlebihan, maka bisa menimbulkan sikap posesif. Akhirnya, secara tidak sadar, kita mulai membatasi pasangan dalam menjalani aktivitasnya. Lama kelamaan, perasaan ini akan membuat hubungan jadi tidak sehat.

Mudah stres dan depresi
Perasaan insecure yang berlebihan juga bisa menimbulkan perasaan cemas, sehingga membuat kita jadi lebih mudah stres dan depresi. Rasa cemas ini juga timbul karena kita terlalu overthinking pada pasangan, yang akhirnya membuat kita jadi mudah gelisah.

Bisa membuat diri merasa tidak berharga
Salah satu bahaya terbesar dari perasaan insecure adalah perasaan yang membuat diri kita menjadi tidak berharga. Kita pun lebih mudah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Akhirnya, kita kehilangan minat dan hobi, serta membuat kita jadi suka menyendiri dan tidak suka bersosialisasi.

Jadi ekspektasi tinggi pada pasangan
Perasaan tidak aman dalam hubungan percintaan akan membuat kita mudah memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pasangan. Akhirnya, kita mudah mengeluh, dan jadi membandingkan pasangan dengan orang lain, serta merasa tidak puas dengan pasangan. Ini akan membuat hubungan kita jadi tidak sehat.

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.