Lebih Cepat Tidur dengan Teknik Pernapasan ala Militer

Tidur
Ilustrasi, (Foto: Pexels).

TENTANGPUAN.COM – Bukan rahasia lagi jika dalam latihan militer, teknik pernapasan juga diajarkan. Hal ini karena beberapa menfaat teknik pernapasan yang sangat dibutuhkan saat situasi tertentu.Bukan cuma itu, menurut ahli tidur dan juga pendiri Sleep Doctor, teknik ini bisa membuat seseorang lebih cepat tidur.

Dr. Michael Breus, PhD, mengatakan kalau teknik pernapasan yang digunakan oleh tentara Amerika pada tahun 1980-an dan mampu membantu mereka tertidur dalam waktu dua menit ini, disebut mungkin saja bermanfaat hanya bagi orang-orang militer tetapi tidak yakin akan bekerja dengan cara yang sama untuk semua orang.

Namun, berita bagusnya adalah teknik pernapasan ini dirancang untuk memperlambat detak jantung dan tubuh pada dasarnya membutuhkan denyut jantung di bawah 60 untuk masuk ke dalam keadaan tidur. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba melakukan teknik pernapasan ini.

Teknik pernapasan yang dilakukan oleh militer tersebut adalah 4-6-7, yaitu menarik napas selama hitungan 4 detik, tahan napas selama 6 detik, dan embuskan napas selama 7 detik. Dr. Michael bilang, teknik ini akan membantu Anda tertidur dalam waktu 10-20 menit.

Sebenarnya, menurut ahli tidur ini, jangan harap Anda bisa langsung tidur lelap setelah dua menit karena sebenarnya waktu ideal seseorang dapat masuk ke alam mimpi adalah 10-20 menit. Jika Anda mudah sekali tidur dengan cepat, itu sebenarnya adalah tanda bahwa Anda kurang tidur.

Selain teknik pernapasan, Dr. Michael juga menyarankan Anda untuk mulai membiasakan diri rutin tidur dan bangun di jam yang sama, membuat suasana di kamar mendukung untuk Anda tidur, dan menghilangkan gangguan yang membuat Anda terus terjaga sepanjang malam.

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.