Sebelum Mencintai Orang Lain Penting untuk Self Love

Self Love
Ilustrasi (Foto:Pexels).

Tentangpuan.com – Istilah self love mungkin bukan istilah asing lagi. Anda mungkin sudah mendengarnya di mana-mana. Self love atau sikap dan tindakan mencintai diri sendiri memang sangat dianjurkan karena bisa membangun kepercayaan diri dan menghilangkan rasa insecure. Namun, apa hubungannya self love ketika Anda mencari pacar?

Sederhananya, jika Anda tidak 100 persen senang dengan siapa Anda, Anda akan selalu mencoba mencari sumber eksternal untuk memberi Anda kebahagiaan itu, dan itu tidak sepenuhnya sehat. Menerima dan mencintai diri sendiri jelas tidak semudah kedengarannya, tetapi itu bisa menjadi dasar untuk hubungan yang hebat dengan pasangan Anda juga. Inilah mengapa mencintai diri sendiri bisa baik untuk hubungan Anda.

Mempunyai hubungan asmara yang lebih bahagia

Anda tidak dapat menjalin hubungan dengan seseorang jika Anda tidak mencintai, dan menerima, diri Anda terlebih dahulu. Anggap saja seperti sebuah siklus. Semakin Anda mencari validasi eksternal dari pasangan Anda, semakin kecil kemungkinan Anda akan puas, yang menyebabkan ketidakbahagiaan dalam hubungan Anda.

Sisi insecure Anda akan mereda

Mencintai diri sendiri membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia dan ini, pada gilirannya, dapat membantu Anda menjadi lebih percaya diri juga. Tentu saja, mencapai tahap ini sulit tetapi dengan langkah-langkah kecil, mudah untuk membangun kepercayaan diri Anda sedikit demi sedikit. Kemudian, Anda tidak lagi membutuhkan orang lain untuk mengisi kekosongan tertentu. Ketika Anda memenuhi kebutuhan ini sendiri, hubungan cinta akan seimbang.

Anda tahu apa yang Anda mau dalam hubungan itu

Mau dibawa ke mana hubungan ini? Tentu sudah sering mendengar kalimat itu, kan. Percaya lah dengan lebih dulu self love, Anda jadi yakin dan percaya akan ke mana arah hubungan cinta yang Anda jalani. Setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang kebutuhan Anda sendiri, itu membuka jalan bagi hubungan yang lebih sehat. Tanggung jawab tidak lagi terletak hanya pada satu pasangan, tapi di kedua belah pihak.

Anda akan merasa puas

Orang dengan harga diri rendah adalah orang yang paling membutuhkan self love. Seringkali, orang-orang ini adalah orang-orang yang kurang puas dalam suatu hubungan. Mereka tahan dengan hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan, baik itu perlakuan tidak adil atau pasangan yang beracun, hanya karena mereka pikir mereka tidak bisa melakukan yang lebih baik. Sedikit self love bisa sangat membantu dan membantu Anda melihat nilai Anda yang sebenarnya dalam hubungan apa pun.

Anda berhenti membandingkan hubungan dengan orang lain

Mencintai diri sendiri dan menerima diri sendiri berarti menerima bahwa Anda adalah versi terbaik dari diri Anda. Setelah Anda berhasil dalam hal ini, Anda berhenti membandingkan diri Anda atau hubungan Anda dengan orang lain. Self love membuka jalan untuk rasa syukur. Bersyukur atas segala sesuatu yang berjalan dengan baik dalam hubungan Anda alih-alih berfokus pada yang salah, dapat menghasilkan keajaiban bagi hubungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.