Tidak Perlu Minta Maaf Jika Menghadapi Situasi Ini

Sorry
Ilustrasi (Foto: Pexels).

Tentangpuan.com – Meminta maaf saat melakukan kesalahan adalah hal yang baik. Tidak semua orang berani melakukannya. Butuh jiwa besar dan ketulusan agar seseorang mau meminta maaf. Namun, bukan berarti Anda harus meminta maaf di setiap kesempatan, bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya bukan kesalahan Anda. Menurut para pakar, berikut ini adalah beberapa situasi di mana Anda tidak perlu meminta maaf.

  1. Cuti sakit. Sakit bukan kesalahan, tetapi fakta kehidupan. “Anda boleh memiliki waktu istirahat pribadi selama tidak berlebihan. Ambil saja cuti sakit dan tidak perlu meminta maaf,” kata Kim Chronister, PsyD, seorang psikolog klinis.
  2. Tidak membelikan hadiah ulang tahun untuk teman. Kim bilang, jika Anda tidak mampu membeli hadiah, tidak ada alasan untuk meminta maaf. Hanya karena Anda tidak membelikan mereka hadiah, bukan berarti Anda tidak menghargainya.
  3. Tidak tahu jawaban yang benar. “Jika Anda tidak tahu jawaban untuk sesuatu, katakan saja dan tidak perlu minta maaf. Anggap itu sebagai kesempatan yang baik untuk mempelajari sesuatu yang baru,” ujar Lisa Mirza Grotts, seorang pakar etiket.
  4. Pasangan atau orang dekat berperilaku buruk. Penting untuk diingat bahwa Anda tidak bertanggung jawab atas perilaku orang lain, apalagi jika Anda tidak seperti itu. Jadi, tidak perlu minta maaf jika pasangan atau orang terdekat Anda yang berperilaku buruk.
  5. Tidak langsung membalas pesan teks. Menurut pelatih kehidupan Robin H-C, jika menanggapi setiap masalah yang tidak mendesak lewat pesan teks, Anda tidak akan pernah menyelesaikan hal lain. Jadi, dia merekomendasikan untuk membalasnya jika sempat dan tidak perlu meminta maaf.
  6. Menolak undangan. Meminta maaf saat mengatakan “Tidak” pada suatu undangan mungkin terasa sopan, tetapi bisa terdengar tidak jujur. “Tidak masalah untuk mengatakan ‘Tidak’ tanpa menawarkan permintaan maaf atau penjelasan,” kata Robin.
  7. Rumah atau kamar yang berantakan. Jika Anda minta maaf saat ada orang yang mampir ke rumah atau kamar Anda dan melihatnya berantakan, ini hal yang salah. Robin bilang, jika itu cara hidup Anda, maka tidak perlu minta maaf untuk hal tersebut.
  8. Meluangkan waktu untuk diri sendiri. Meskipun ini adalah kebutuhan yang sangat mendasar, banyak orang merasa bersalah karena meluangkan waktu untuk diri sendiri dan merasa perlu meminta maaf. Clinton Moore, PhD, seorang psikolog klinis, mengatakan bahwa cara terbaik untuk menangani ini adalah memberi tahu orang-orang mengenai rencana Anda untuk diri sendiri dan tidak perlu meminta maaf.

Sumber: Womantalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.