Resep Membuat Opor Ayam, Menu Spesial saat Lebaran

Opor ayam
Opor ayam (Foto: Minews.Id).

Tentangpuan.com – Opor ayam selalu menjadi menu saat Hari Raya Idulfitri. Rasanya yang enak, selalu membuat kuliner ini menjadi jawara di meja makan.

Namun, tak seenak rasanya, memasak opor ayam harus sangat hati-hati. Jika salah resep, maka akan membuat cita rasanya menjadi berubah. Karena itu, kami menyajikan resep yang bisa dipakai untuk membuat opor ayam pada lebaran kali ini.

Dalam proses masak opor ayam, tentu yang perlu dilakukan adalah merebus ayam terlebih dahulu. Tujuannya ialah untuk membersihkan sisa kotoran dan melembutkan daging sebelum dicampurkan ke bumbu halus. Pemilihan durasi perebusan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bila ingin membuat opor untuk pendamping ketupat, lebih cocok apabila proses perebusan diperlama. Tujuanya adalah untuk mencapai tekstur ayam yang mudah dipotong atau disuwir dengan sendok.

Setelah itu, rebus ayam bersama bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kencur, serta rempah lainnya. Masak dengan api kecil untuk mencapai kematangan yang sempurna, lalu tambahkan santan, garam, dan sedikit kecap manis.

Bahan

satu ekor (700 g) ayam kampung, potong 12 bagian, rebus hingga setengah matang
4 lembar daun salam,3 lembar daun jeruk, buang tulang, iris memanjang,2 batang serai, memarkan
2 sdm kecap manis, 400 ml santan kental, 1 sdt garam, 1 sdt gula pasir, 1 L air, 4 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus
10 butir bawang merah, 4 siung bawang putih, 3 cm kunyit, 2 cm lengkuas, 2 cm jahe, 2 cm, kencur, 5 butir kemiri, sangrai 2, sdt ketumbar, ½ sdt merica putih butiran

Cara membuat

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum. Angkat dan sisihkan. Panaskan air, masukkan ayam dan tumisan bumbu. Aduk rata, masak hingga ayam lembut. Masukkan gula, garam, kecap Manis, dan santan. Aduk rata, masak hingga mendidih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.