Savitribai Phule, Pelopor Berdirinya Sekolah untuk Perempuan di India

Savitribai Phule
Ilustrasi ( Foto: artsandculture.google.com).

Tentangpuan.com – Savitribai Phule adalah pelopor dalam memberikan pendidikan bagi anak perempuan dan bagian masyarakat yang terasing. Dia menjadi guru wanita pertama di India (1848) dan membuka sekolah untuk anak perempuan bersama suaminya, Jyotirao Phule. Dia kemudian mendirikan tempat penampungan (1864) untuk wanita miskin dan memainkan peran penting dalam merawat lembaga perintis Jyotirao Phule, Satyashodhak Samaj, (1873) yang memperjuangkan kesetaraan semua kelas. Hidupnya digembar-gemborkan sebagai suar hak-hak wanita di India. Dia sering disebut sebagai ibu dari feminisme India.

Savitribai lahir di Naigaon, sebuah desa kecil di negara bagian Maharashtra, India. Sebagai seorang gadis muda, Savitribai menunjukkan rasa ingin tahu dan ambisi yang kuat. Savitribai menikah dengan Jyotirao Phule pada tahun 1840 pada usia sembilan tahun dan menjadi pengantin cilik. Dia pindah ke Pune bersamanya segera setelah itu.

Barang milik Savitribai yang paling berharga adalah sebuah buku yang diberikan kepadanya oleh seorang misionaris Kristen. Terkesan dengan semangat belajarnya, Jyotirao mengajari Savitribai membaca dan menulis. Savitribai melakukan pelatihan guru di Ahmednagar dan di Pune. Dia menjadi guru yang berkualitas setelah dia lulus ujian ke-4 pada tahun 1847.

Bertekad untuk mengubah kondisi perempuan di negara tersebut, Savitribai, bersama dengan Jyotirao, seorang lelaki reformis sosial, membuka sekolah untuk anak perempuan pada tahun 1848. Ia menjadi guru perempuan pertama di India. Hal ini menyebabkan gelombang kemarahan di masyarakat.

Pada tahun 1853, Savitribai dan Jyotirao mendirikan sebuah komunitas pendidikan yang membuka lebih banyak sekolah untuk anak perempuan dan perempuan dari semua kelas, di desa-desa sekitar.

erjalanannya tidak mudah. Dia dianiaya dan dibuang kotorannya ke arahnya dalam perjalanan ke sekolah. Savitribai hanya mengganti saree cadangan yang dia bawa setiap hari dan melanjutkan perjalanannya.

Bersimpati dengan penderitaan para janda di India, Savitribai membuka tempat penampungan bagi mereka pada tahun 1854. Setelah bertahun-tahun melakukan reformasi berkelanjutan, ia membuka jalan untuk membangun tempat penampungan besar pada tahun 1864 untuk wanita miskin, janda dan pengantin anak yang dibuang oleh keluarga mereka. Dia mendidik mereka semua. Dia juga mengadopsi Yashwantrao, putra seorang janda yang tinggal di lembaga ini.

Kelas-kelas tertindas dilarang minum air dari sumur desa umum. Jyotirao dan Savitribai menggali sumur di halaman belakang rumah mereka untuk mereka minum. Langkah ini menimbulkan kehebohan pada tahun 1868.

Savitribai berperan penting dalam membentuk Satyashodhak Samaj, The Truthseeker’s Society, gagasan Jyotirao. Samaj terutama bertujuan menghapus diskriminasi dan kebutuhan akan ketertiban sosial. Pada tahun 1873, Savitribai memulai praktik Pernikahan Satyashodhak, di mana pasangan mengambil sumpah pendidikan dan kesetaraan.

Usahanya tidak luput dari perhatian. Dia dinyatakan sebagai guru terbaik di negara bagian oleh pemerintah Inggris pada tahun 1852. Dia menerima pujian lebih lanjut dari pemerintah pada tahun 1853 untuk karyanya di bidang pendidikan.

Pada tahun 1890, Jyotirao meninggal dunia. Menentang semua norma sosial, dia menyalakan tumpukan kayu pemakamannya. Dia meneruskan warisan Jyotirao dan mengambil alih pemerintahan Satyashodhak Samaj.

Wabah pes menyebar ke seluruh Maharashtra pada tahun 1897. Tidak hanya menjadi penonton, Savitribai bergegas ke daerah yang terkena dampak untuk membantu. Dia membuka klinik untuk korban wabah di Hadapsar, Pune.

Saat membawa korban wabah berusia 10 tahun ke klinik dalam pelukannya, dia tertular penyakit itu sendiri. Pada 10 Maret 1897, Savitribai Phule menghembuskan nafas terakhirnya.

Kehidupan dan karyanya adalah bukti reformasi sosial dan pemberdayaan perempuan dalam masyarakat India. Dia tetap menjadi inspirasi bagi banyak aktivis hak perempuan di zaman modern.

Sumber: artsandculture.google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.