Alami masalah jantung, Putri Bajrakitiyabha Narendira Debyavati dikabarkan koma

Putri Bajrakitiyabha Narendira Debyavati, (foto: vietnam.postsen).
Putri Bajrakitiyabha Narendira Debyavati, (foto: vietnam.postsen).

TENTANGPUAN.COM – Kabar tidak sedap datang dari Putri Bajrakitiyabha Narendira Debyavati. Putri dari Thailand ini sudah lebih dari tiga minggu tak sadarkan diri. Ia dikabarkan pingsan dan mengalami masalah jantung.
Calon pewaris takhta berusia 44 tahun itu merupakan anak tertua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Ia kehilangan kesadaran sejak 15 Desember 2022 lalu.

Putri Bajrakitiyabha dilaporkan mengalami aritmia jantung yang parah akibat peradangan setelah infeksi mycoplasma, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh istana pada Sabtu (7/1/23).

“Kondisi keseluruhan sang Putri saat ini adalah ia tetap tidak sadarkan diri,” bunyi keterangan kerajaan, dikutip dari Channel News Asia.

“Dokter masih melanjutkan pemakaian obat-obatan, antibiotik dan peralatan untuk mendukung fungsi jantung, paru-paru, serta ginjal sekaligus memantau kondisinya dengan cermat,” sambung mereka.

Putri Bajrakitiyabha jatuh sakit ketika tengah mempersiapkan anjing-anjingnya untuk kompetisi anjing militer di Nakhon Ratchasima, bagian utara Bangkok.

Setelah pingsan, Putri Bajrakitiyabha langsung dilarikan ke rumah sakit. Namun tak lama kemudian ia dibawa dengan menggunakan helikopter ke Bangkok.

Wanita kelahiran 7 Desember 1978 itu adalah salah satu dari tiga anak Raja Vajiralongkorn yang memiliki gelar resmi. Hal itu membuat Putri Bajrakitiyabha memenuhi syarat untuk naik takhta di bawah undang-undang suksesi istana dan konstitusi negara.

Akan tetapi, Raja Maha Vajiralongkorn belum secara resmi menunjuk ahli waris dan belum melakukan diskusi resmi tentang kemungkinan sang Putri naik tahta.

Lahir dari istri pertama raja, Putri Soamsawali, Bajrakitiyabha tumbuh menjadi wanita cerdas. Ia telah menjadi seorang pengacara terlatih yang mengantongi gelar master dan doktor dari Universitas Cornell.

Saat ini Putri Bajrakitiyabha telah menjabat sebagai duta besar Thailand untuk Austria, Slovenia dan Slovakia. Selain itu, dia adalah duta besar Thailand untuk Komisi Kejahatan Perserikatan Bangsa-Bangsa Pencegahan dan Peradilan Pidana.

Wanita berusia 44 tahun itu juga berperan di kantor Kejaksaan Agung dan Komando Keamanan Kerajaan. Wanita yang akrab disapa Putri Bha ini memegang peran seremonial penting di kalangan masyarakat Thailand.

Keluarga Kerajaan Thailand sangat dihormati sampai-sampai dilindungi dari kritik oleh Undang-Undang Pencemaran Nama Baik Kerajaan atau Lese Majeste.

Beberapa waktu lalu, Putri Bha juga sempat menjadi perbincangan di awal 2021. Hal ini terjadi ketika ia tampil di hadapan publik dengan gaya rambut baru yang bikin pangling.

Kala itu, Putri Bajrakitiyabha tampil dengan gaya rambut pendek berpotongan pixie. Penampilan Putri Bha di Tahun Baru Imlek itu sontak mengejutkan masyarakat.

Pasalnya, Putri Bajrakitiyabha yang biasa tampil dengan gaya rambut panjang mendadak memangkas habis rambutnya terlihat hingga sangat tipis dan lebih maskulin.

Meski begitu, ia tetap terlihat anggun dengan pemakaian aksesori berupa anting mutiara dan lipstik berwarna merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.