Mengenali Kecerdasan yang Dimiliki Anak

Kecerdasan anak
Ilustrasi, (Foto: Pixabay).

TENTANGPUAN.COM – Banyak kita yang tidak pernah tahu perkembangan anak dan hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan. Oleh karena itu, perlu mengenali kecerdasan anak secara utuh, lho. Dengan begitu, maka anak akan terbantu untuk membentuk serta meningkatkan potensi lain dalam dirinya.
Bentuk pengenalan pun tak hanya dari yang terlihat seperti hobi, kesukaan, atau hal yang dibenci. Namun termasuk bagaimana cara otak anak bekerja dan seperti apa kecerdasan yang dimilikinya.

Perlu untuk dipahami bahwa anak tak selalu sama. Ada yang cerdas dalam segala aspek, namun ada pula yang hanya unggul pada beberapa hal saja.

Nah, sebelum membantu untuk meningkatkan potensi anak, perlu untuk mengetahui berbagai macam jenis kecerdasan. Sebagaimana yang dilansir dari detikcom, disebut bahwa dalam sebuah penelitian Howard Gardner dan Elisabet Hobbs, kecerdasan itu dibagi menjadi majemuk atau multiple intelligences.

Logika-matematika
Mungkin ini adalah salah satu kecerdasan yang paling dikenal dan banyak dituntut oleh para orangtua ya, Bunda. Kecerdasan ini berkaitan dengan bagaimana anak mampu mengolah angka dan mahir dalam menggunakan logika.

Anak yang memiliki kecerdasan ini berpikir secara konseptual. Selain itu, anak juga memiliki kapasitas dalam mengubah pola numerik serta logika.

Gerak-Kinestetik.
Untuk anak yang memiliki kecerdasan majemuk tipe gerak kinestetik, maka mereka mampu mengekspresikan ide dan perasaan mereka melalui gerak seluruh tubuh. Biasanya anak a terampil menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu, serta dapat mengontrol gerak tubuh untuk mengatasi sebuah objek dengan sangat baik. Misalnya dalam bermain bekel, bola basket, dan lain sebagainya.

Verbal-Linguistik
Kecerdasan yang satu ini memiliki kaitan dengan kata-kata baik lisan maupun dalam bentuk tulisan. Bagi anak yang memiliki kecerdasan jenis verbal linguistik, maka mereka memiliki kecakapan verbal yang baik.

Tak hanya itu, kecerdasan ini membuat anak memiliki sensitifitas terhadap suara, makna, atau ritme dari kata-kata dan merangkainya dengan baik.

Spasial-Visual
Anak yang memiliki kemampuan ini dapat menangkap warna, arah, serta ruang dengan akurat dan mengubah apa yang dia tangkap dari sana menjadi bentuk. Ini bisa seperti dekorasi, arsitektur, lukisan atau patung.

Mereka memiliki kemampuan dalam berpikir dalam bentuk gambar atau foto kemudian dapat memvisualisasikannya dalam suatu bentuk yang abstrak dan akurat.

Naturalis
Kali ini adalah suatu kecerdasan yang memberikan kemahiran dalam mengenali atau mengklasifikasikan berbagai flora dan fauna serta hal-hal lainnya di alam. Kecerdasan ini membantu anak lebih peka terhadap alam dan lingkungannya.

Sumber: Haibunda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.